Share

6 Tokoh Dunia Ini Puji Pancasila, Dianggap Harta Paling Berharga bagi Bangsa

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Rabu 01 Juni 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 337 2603278 6-tokoh-dunia-ini-puji-pancasila-dianggap-harta-paling-berharga-bagi-bangsa-5zZs7xBa1x.jpg Pancasila. (Foto: Dok Ist)

KERJA KERAS para tokoh nasional Indonesia dalam merumuskan Pancasila terbayar dengan baik. Pasalnya, ideologi ini kerap dipuji oleh berbagai tokoh dunia.

Berikut tokoh-tokoh luar negeri yang pernah memuji ideologi Pancasila.

1. Dr. Izzat Mufti

Dr. Izzat Mufti adalah seorang intelektual dan pejabat tinggi Arab Saudi. Ia sangat memuji Pancasila dengan mengatakan bahwa Pancasila telah menjadi bingkai persatuan bangsa Indonesia. Mufti turut membandingkannya dengan bangsa Arab. Meski kedua negara mempunyai kesamaan budaya dan bahasa, tetapi bangsa Arab masih terkotak-kotak lebih dari 20 negara.

2. Mufti Syria Syekh Ahmad Kaftaru

Tokoh ini memuji ideologi Indonesia dalam ceramahnya di Damaskus pada pertengahan 1987. Ia kagum dengan masyarakat Indonesia yang berperilaku sangat sopan dan rendah hati, murah senyum dan suka menyapa orang baru dengan membungkuk. Masyarakat Indonesia juga dikenal dengan kemurahan hati, kesabaran, dan bahasanya yang lembut. Keduanya bahkan mengaku malu dengan dunia Arab yang terbelah dan saling bermusuhan.

Baca juga: Kronologi Penyusunan Dasar Negara Indonesia yang Kini Dikenal Pancasila

3. Menlu AS Mike Pompeo

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo sempat menghadiri acara GP Ansor pada 29 November 2020 silam dengan tajuk ‘Nurturing the Shared Civilizational Aspirations of Islam Rahmatan li al-‘Alamin’. Selain dirinya, banyak tokoh agama nasional dan diplomat lain yang menghadiri acara itu. Dalam pidatonya, Pompeo memberikan pujian kepada Pancasila dan kehidupan di Indonesia. Menurutnya, bangsa Indonesia membuktikan bahwa berbagai agama bisa hidup berdampingan.

4. Imam Besar Al-Azhar Syekh Ahmad Muhammad Ath-Thayeb

Tokoh ini sempat memuji Pancasila saat mengunjungi Megawati Soekarnoputri di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, 3 Mei 2018 silam. Syekh Ahmad Muhammad Ath-Thayeb menghargai hadirnya lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Menurutnya, BPIP dapat menjaga stabilitas ideologi bangsa Indonesia dari ancaman pihak-pihak yang menentang Pancasila dan menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang berdaulat.

5. Jean-Louis Tauran

Tokoh yang menjabat sebagai Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama ini mengatakan Pancasila adalah harta berharga bagi bangsa Indonesia. Tauran juga mendukung Pancasila sebagai asas karena memberikan dasar bagi perjuangan bangsa. Lebih jauh ia mengatakan, masa depan tidak mungkin bisa diraih tanpa adanya akar yang kuat. Pernyataan ini dikatakannya saat menerima rombongan Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 9 September 2011 di kantornya di Vatikan.

6. Madam Rev Kosho Niwano

Madam Rev Kosho Niwano pernah bertamu ke Indonesia dalam kunjungan ke kantor OASE Kabinet Kerja tahun 2017 silam. Saat itu, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin menyatakan bahwa para tamu sangat tertarik dengan ideologi Pancasila. Niwano yang menjadi pimpinan delegasi tokoh Buddha Jepang turut mengatakan bahwa Pancasila itu bisa menjadi model bagi dunia dan bisa disebut model ideal.

Diolah dari berbagai sumber:

Almas Taqiyya/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini