Share

Ada Konvoi Khilafah di Jaktim, Ini Kata BNPT

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 31 Mei 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 337 2603191 ada-konvoi-khilafah-di-jaktim-ini-kata-bnpt-X18YBv23lq.jpg Konvoi khilafah di Jaktim (Foto: Twitter)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) angkat bicara terkait munculnya konvoi motor membawa atribut, berupa poster hingga bendera bertuliskan 'Khilafatul Muslimin' di Jakarta Timur (Jaktim).

Direktur Pencegahan BNPT RI Brigjen Ahmad Nurwakhid mengungkapkan, konvoi rombongan yang membawa tulisan kebangkitan Khilafah di Cawang, Jakarta Timur juga terjadi sebelumnya di Brebes.

"Mereka mengkampanyekan tegaknya sistem khilafah sebagai solusi umat yang dilakukan oleh kelompok Khilafatul Muslimin," kata Ahmad kepada awak media, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, kampanye ini sebenarnya memiliki visi dan ideologi yang sama dengan HTI yang telah dibubarkan oleh Pemerintah.

Baca juga: Perangi Terorisme, BNPT Gandeng Lembaga Internasional

Bedanya, kata Ahmad, Hizbut Tahrir (HTI) merupakan gerakan trans-nasional dan sedang memperjuangkan sistem khilafah di berbagai negara. Sementara Khilafatul Muslimin mengklaim sudah mendirikan khilafah dengan adanya khalifah yang terpilih.

Baca juga: UAS Ditolak Masuk Singapura, BNPT: Kita Tak Bisa Intervensi

"Genealogi Khilafatul Muslimin tidak bisa dilepaskan dari NII karena sebagian besar tokoh kunci dalam gerakan ini adalah mantan NII. Pendiri dan pemimpinnya adalah Abdul Qadir Hasan Baraja mantan anggota NII sekaligus salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki bersama Abu Bakar Baasir (ABB) dan lainya, serta ikut ambil bagian dalam Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) tahun 2000," papar Ahmad.

Sebelumnya, konvoi 'Khilafatul Muslimin' ini disebut-sebut terjadi di Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5/2022) sekitar jam 09.14 WIB. Terlihat para pemotor itu melintas bergerombol dengan memakai seragam dengan warna dominan hijau.

Para pemotor itu nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah pun turut dibawa peserta konvoi.

"Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah," tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor.

"Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah," bunyi poster lainnya.

Baca juga: BNPT: Penculik Anak di Jabotabek Bukan Napi Teroris, Hanya Cari Popularitas!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini