Share

Dua Bibit Siklon Tropis Terdeteksi di Perairan Indonesia, Ini Dampaknya pada Cuaca

Carlos Roy Fajarta, · Senin 30 Mei 2022 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 337 2602259 dua-bibit-siklon-tropis-terdeteksi-di-perairan-indonesia-ini-dampaknya-pada-cuaca-i7ZBkRUuZQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua bibit siklon tropis (92S dan 92W) di perairan Indonesia. Kedua bibit siklon ini berpotensi menciptakan sejumlah dampak di antaranya yakni hujan sedang hingga lebat, angin kencang, dan gelombang laut tinggi.

Dari informasi yang disampaikan akun Instagram infobmkg pada Minggu (29/5/2022) disebutkan siklon 92S akan membuat 6 provinsi akan mengalami hujan sedang hingga lebat dalam 24 jam ke depan.

Enam provinsi tersebut di antaranya yakni Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Lampung, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Siklon ini juga dapat membuat cuaca ekstrim angin kencang di Bengkulu, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Gelombang Laut setinggi 1,25 -2,5 meter diprediksi akan terjadi di Selat Sunda bagian utara akibat siklon 92S ini.

Sedangkan di Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Banten, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, dan Perairan selatan P. Jawa serta Samudra Hindia selatan Jawa Timur akan terjadi gelombang laut setinggi 2,5 - 4 meter.

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian gelombang setinggi 4-6 meter diprediksi akan terjadi di perairan Samudra Hindia selatan dari Provinsi Jawa Barat - Jawa Tengah.

Sementara itu, Siklon 92W akan membuat tiga provinsi akan mengalami hujan sedang hingga lebat (dalam 24 jam ke depan) serta angin kencang yakni Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Sikon 92W juga berpotensi menimbulkan gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter di Perairan Kep. Talaud, Perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera, Perairan Jayapura serta Samudra Pasifik utara Jayapura.

Gelombang setinggi 2,5 - 4 meter di Perairan Papua Barat, Perairan Biak dan Samudra Pasifik utara Papua Barat - Biak juga diprediksi dapat terjadi akibat siklon 92W tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini