Share

Teriakan 'Help' Anak Ridwan Kamil Terdengar Warga Sekitar Sungai Aare

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Sabtu 28 Mei 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 337 2601804 teriakan-help-anak-ridwan-kamil-terdengar-warga-sekitar-sungai-aare-xkc6Vqaus6.jpg Emmeril Khan Mumtadz anak Ridwan Kamil (Foto : MPI/Istimewa)

BANDUNG - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak sulung Ridwan Kamil, yang hilang diduga terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss, sempat teriak 'help' dan terdengar warga sekitar sungai. Dan ternyata ia juga memiliki kemampuan menyelam dan sertifikat diving.

Hal itu diungkapkan Elpi Nazmuzaman, adik kandung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memberikan keterangan dalam konferensi pers terkait musibah hilangnya Eril, Sabtu (28/7/2022).

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari pihak keluarga di Swiss, sebelum dinyatakan hilang, anak sulung Ridwan Kamil itu berenang bersama dua orang lainnya, yakni adik perempuannya, Camillia Laetitia Azzahra dan kawannya.

"Tiga orang, pertama kawannya, adiknya dan Eril. Satu orang di sana tinggal di Swiss. Berenang bersama di sana dan itu ada wisatawan lagi, ada lansia dan anak-anak, harusnya safety," ungkap Elpi di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung.

Terlebih, lanjut Elpi, keponakannya itu juga telah mengantongi sertifikat menyelam. Sehingga, dia pun yakin bahwa Eril sudah memastikan keamanan sebelum berenang hingga akhirnya terseret arus sungai.

"Eril itu pemuda yang suka olahraga, bisa berenang dan beliau punya sertifikat diving. Punya kemampuan menilai arus dan beliau bisa mengatur yang layak turun dan tidak turun (berenang)," jelasnya.

Tidak hanya itu, masih berdasarkan informasi dari pihak keluarga, Eril juga telah memilih tempat yang aman untuk berenang. Jika banyak wisatawan yang memilih terjun dari jembatan, kata Elpi, Eril memilih jalur lain. Namun, ada hal yang tak terduga yang akhirnya membuat Eril terseret arus sungai hingga hilang.

"Pada saat kejadian, informasi dari keluarga, Eril sudah memastikan yang dua (orang) sudah sampai (di sungai). Ada sesuatu tidak terguga, bahkan hingga Eril berteriak help," bebernya.

Elpi menambahkan, teriakan minta tolong Eril itu terdengar oleh warga di sekitar sungai hingga akhirnya warga melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian setempat.

"Teriakan help ini terdengar warga di pinggir sungai. Kemudian warga menelepon polisi," tuturnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Keluarga yang saat itu juga berada di sekitar Sungai Aaree langsung beranjak ke lokasi kejadian dan bertemu dengan kepolisian yang juga sudah berada di lokasi.

Diketahui, Eril hilang setelah berenang bersama adik perempuan dan temannya di Sungai Aaree, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 siang waktu Swiss.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sendiri sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jabar.

Mengetahui kabar tersebut, Ridwan Kamil pun langsung bertolak ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini