Share

4 Negara yang Memiliki Hubungan Baik dengan Korea Utara, Siapa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 29 Mei 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 337 2601752 4-negara-yang-memiliki-hubungan-baik-dengan-korea-utara-siapa-saja-ORzTNhtu2Z.jpg Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jon Un (Foto: Reuters)

KOREA UTARA dikenal sebagai negara yang tertutup di dunia, yang membatasi hubungannya dengan negara lain. Di sisi lain, negara lain juga dibuat khawatir oleh Korea Utara karena senjata nuklir yang dimilikinya. 

Namun, Korea Utara tetap mempunyai hubungan baik dengan beberapa negara di dunia, terutama negara-negara yang memiliki ideologi yang sama dengan Korea Utara.

Berikut ini daftar negara yang memiliki hubungan baik dengan Korea Utara:

1. Rusia 

Memiliki persamaan ideologi, membuat Rusia dan Korea Utara mempunyai hubungan yang baik satu sama lain. Salah satu bentuk hubungan baik kedua negara ini dibuktikan dengan Presiden Kim Jong Un yang memberikan selamat kepada Putin pada peringatan Hari Kemenangan 9 Mei 2022.

Kantor berita Korea Utara Korean Central News Agency (KCNA) mengatakan bahwa Kim Jong Un, lewat suratnya untuk Putin, menyatakan solidaritas yang teguh kepada Rusia untuk membasmi ancaman politik dan militer oleh pasukan musuh.

2. China 

China merupakan satu-satunya negara tetangga yang bersekutu dengan Korea Utara. China terus meningkatkan hubungannya dengan Korea Utara di tengah pertarungannya dengan Amerika Serikat.

Sebaliknya, Korea Utara juga terus mencari dukungan dari China. Persahabatan antara China dan Korea Utara juga terlihat dari pertemuan yang dilakukan diplomat China dan Duta Besar Korea Utara untuk China pada Kamis 28 Oktober 2021 lalu dalam upaya mempererat hubungan yang telah terjalin selama ini.

3. Kuba 

Hubungan baik antara Korea Utara dengan Kuba telah terjalin sejak 1960. Mempunyai persamaan ideologi, membuat Kuba banyak mengikuti beberapa hal dari Korea Utara.

Hubungan keduanya juga dibuktikan oleh Korea Utara dengan bergabung bersama Rusia, China, dan Iran untuk menyatakan dukungan mereka kepada Kuba. Hal tersebut terjadi saat peristiwa demonstrasi massal yang menuduh Partai Komunis kurang dalam menangani kebutuhan kemanusiaan yang diperburuk oleh pandemi Covid-19 di tahun 2021. 

Mengutip dari Sindonews.com, Kementerian Luar Negeri Korea Utara memberikan pernyataan bahwa Korea Utara mengutuk dan menolak upaya campur tangan oleh kekuatan luar dalam urusan internal. Korea Utara mengungkapkan dukungan penuh dan solidaritas kepada upaya dan tindakan yang diambil oleh pemerintah dan rakyat Kuba dalam menjaga kedaulatan negara.

4. Indonesia 

Indonesia memiliki hubungan baik dengan Korea Utara. Hubungan Indonesia-Korea Utara tidak terlepas dari persahabatan yang telah dijalin oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno dengan Presiden Kim II Sung pada tahun 1964 dan 1965. Bentuk hubungan baik Indonesia dengan Korea Utara dapat terlihat dari produk makanan dan minuman serta produk rumah tangga buatan Indonesia, yang disukai oleh masyarakat Korea Utara.

Ada lebih dari 160 produk Indonesia yang ditampilkan pada stan Indonesia di acara Pyongyang International Trade Fair, yang diselenggarakan dua kali dalam setahun.

Selain itu, berkat pemberian Bunga anggrek Kimilsungia dari Presiden Soekarno kepada Presiden Kim II Sung saat berkunjung ke Indonesia pada 1965, Indonesia menjadi kedutaan besar asing di Pyongyang yang memiliki stan bunga tersendiri di Festival Bunga Kimilsungia. Kedutaan besar Indonesia di Korea Utara juga berupaya untuk melakukan promosi budaya dan wisata, dengan mendirikan Indonesian Gallery of Culture and Tourism di KBRI Pyongyang, hingga pelaksanaan peragaan busana tradisional Indonesia dan penayangan film Indonesia.

Diolah dari berbagai sumber/Septi Kurnia/Litbang MPI 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini