Share

Wapres Maruf Berencana Dirikan Universitas Syekh Nawawi Al-Bantani

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 27 Mei 2022 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 337 2601548 wapres-maruf-berencana-dirikan-universitas-syekh-nawawi-al-bantani-ePCN38jPno.jpg Wapres Ma'ruf Amin (foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan rencananya akan mendirikan Universitas Syekh Nawawi Al-Bantani di Provinsi Banten. Hal itu diungkapkan Wapres saat menghadiri Haul 129 Syekh Nawawi Al-Bantani di Pondok Pesantren Annawawi Tanara, Tanara, Provinsi Banten, Jumat (27/5/2022).

“Saya juga rencananya akan mendirikan Universitas Syekh Nawawi. Mudah-mudahan terlaksana,” ungkap Wapres saat memberikan sambutan.

 BACA JUGA:Syekh Nawawi Al-Bantani Masuk dalam Kamus Besar Bahasa Arab, Wapres: Jadi Rujukan Dunia

Wapres mengatakan, Universitas yang rencananya akan dibangunnya ini tidak hanya kurikulum agama namun juga umum terutama terkait ilmu ekonomi.

“Dan tidak hanya (kurikulum) agama, tapi juga umum,” katanya.

 BACA JUGA:Wapres Minta Maaf di Haul Syekh Nawawi Al-Bantani: Biasanya Dihadiri Jutaan Orang, Kini Dibatasi

“Kenapa umum itu perlu? Karena kan Allah menyuruh kita untuk memakmurkan bumi, Allah yang menciptakan kamu dari bumi dan meminta kamu untuk memakmurkan bumi. Jadi bagaimana kita mencetak selain mutafaqqih, tapi juga memakmurkan bumi,” ungkap Wapres.

Urusan ekonomi, tegas Wapres, sangat penting dan perlu dipahami. “Padahal sekarang ini justru masalah muamalah itu menjadi medan ijtihad paling luas, transaksi-transaksi ekonomi sangat dinamis, sangat bervariasi, sehingga perlu dipandu, perlu dipahami. Nah, fiqihnya itu menjadi penting.”

Apalagi, kata Wapres untuk memakmurkan bumi harus ada ilmu-ilmu ekonomi. “Untuk memakmurkan bumi itu harus mengetahui ilmunya, kuncinya, harus ada ilmu-ilmu ekonomi, ilmu-ilmu yang menyangkut perindustrian, pertanian. Berarti ini termasuk kewajiban kita.”

“Bahkan ulama mengatakan memaksa kamu memberi tanggungjawab kamu untuk memakmurkan bumi. Jadi kita sebagai khalifah fil ardhi itu harus memakmurkan bumi, karena itu perlu ilmu yang menyangkut pertanian, perindustrian, pertambangan, keuangan bahkan juga menjadi sesuatu yang sekaligus dalam rangka pemberdayaan umat,” papar Wapres.

Sebelumnya, Wapres juga telah mendirikan Pesantren Annawawi Tanara. Dia mengatakan pesantren ini didirikan tidak hanya mengenang Syekh Nawawi Al-Bantani, tapi juga mewujudkan keilmuan beliau.

“Ini yang ingin kita berikan kepada anak-anak kepada semua generasi, karena itu saya mendirikan Pesantren ini untuk mendorong, mengenang beliau, dan untuk mewujudkan keilmuan,” katanya.

“Tidak hanya sampai Tsanawiyah, Aliyah, saya sudah mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih, nah ilmu fiqih yang saya ajarkan itu disini ilmu muamalah yaitu urusan ekonomi. Biasanya ibadah-ibadah, ibadah sudah, pada munakahat urusan nikah, tapi urusan muamalah itu kurang mendapat perhatian,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini