Share

Peristiwa 28 Mei : Perang Rusia-Jepang hingga Pesawat Garuda Jatuh di India

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 28 Mei 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 337 2601544 peristiwa-28-mei-perang-rusia-jepang-hingga-pesawat-garuda-jatuh-di-india-LcGXPK8B1Z.jpg Perang Jepang dan Rusia di laut (foto: wikipedia)

JAKARTA - Serentetan peristiwa atau pun kelahiran hingga meninggalnya tokoh-tokoh, pernah terjadi pada 28 Mei dari tahun ke tahun. Dari sejumlah peristiwa yang terjadi pada 28 Mei, ada yang tercatat menjadi perjalanan sejarah penting dan mendunia.

Berdasarkan catatan Wikipedia, sejumlah peristiwa terjadi seperti, Pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 892 jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Bombay–Santacruz, dan bom meledak di sebuah pasar di Tentena.

Berikut ulasan singkat Okezone terkait peristiwa pada 28 Mei dari tahun ke tahun :

1. 1905 - Perang Rusia-Jepang: Pertempuran Tsushima berakhir dengan kekalahan Rusia.

 

Perang Rusia-Jepang di Selat Tsushima, 28 Mei 1905. Pertempuran laut terakhir dan paling menentukan sepanjang Perang Jepang-Rusia (1904–1905). Pertempuran terjadi di Selat Tsushima pada 27-28 Mei 1905 (14-15 Mei menurut kalender Julian yang waktu itu digunakan di Rusia), dan merupakan pertempuran laut terbesar pada era kapal tempur Pra-Dreadnought. Pertempuran Tsushima dikenal di Jepang sebagai Nihonkai kaisen.

Kapal-kapal uap dari Armada Gabungan Kekaisaran Jepang di bawah komando Laksamana Togo Heihachiro menghancurkan dua pertiga Armada Baltik Kekaisaran Rusia di bawah komando Laksamana Zinovy Rozhestvensky.

Sejarawan Edmund Morris dalam buku Theodore Rex menyebut Pertempuran Tsushima sebagai pertempuran terbesar setelah Pertempuran Trafalgar. Kekalahan Rusia membuka jalan bagi Perjanjian Portsmouth yang mengakhiri Perang Rusia-Jepang 1904-1905.

2. 1968 - Pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 892 jatuh

 

Garuda Indonesian Airways Penerbangan 892 adalah penerbangan penumpang internasional berjadwal Garuda Indonesian Airways (sekarang Garuda Indonesia) dari Jakarta, Indonesia, menuju Amsterdam, Belanda, dengan perhentian di Singapura, Bangkok, Bombay (sekarang Mumbai), Karachi, Kairo, dan Roma.

Pada tanggal 28 Mei 1968, pesawat jet Convair CV-990-30A-5 yang mengoperasikan penerbangan tersebut jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Bombay–Santacruz (sekarang Bandar Udara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj) dalam segmen keempat penerbangan tersebut dari Bombay menuju Karachi.

Pesawat jatuh di Desa Bilalpada yang terletak di dekat kota Nala Sopara dan menewaskan seluruh 15 penumpang dan 14 awak pesawat, ditambah satu orang di darat. Meskipun penyebab dari kecelakaan tersebut tidak diketahui secara jelas, kecelakaan tersebut diduga berawal dari kesalahan pengisian bahan bakar pesawat ketika pesawat melakukan perhentian di Bombay, yang menyebabkan pesawat mengalami kegagalan mesin, dan mengakibatkan pilot kehilangan kendali atas pesawat.

3. 2005 - Bom Meledak di sebuah pasar di Tentena Poso

 

Pengeboman pasar Tentena 2005 terjadi pada tanggal 28 Mei 2005 di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia. Dua alat peledak improvisasi, yang diatur untuk meledak dalam jangka waktu 15 menit, diledakkan pada pagi hari di sebuah pasar di pusat kota Tentena, menewaskan 22 orang dan melukai setidaknya 40 lainnya.

Korban tewas termasuk seorang pendeta Kristen dan seorang anak laki-laki berusia 3 tahun.Beberapa militan Islam kemudian dikenai dan dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2007 dan 2010 karena peran mereka dalam mengorganisir pengeboman tersebut, di antara serangan lainnya di wilayah Poso.

Ledakan bom tersebut dikaitkan dengan konflik sektarian antara Muslim dan Kristen di Poso yang menewaskan setidaknya 577 orang dan menyebabkan 86.000 lainnya mengungsi dalam periode tiga tahun sebelum gencatan senjata yang disponsori pemerintah disepakati pada bulan Desember 2001.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini