Share

Buya Syafii Maarif Wafat Tinggalkan Duka Mendalam

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 28 Mei 2022 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 337 2601481 buya-syafii-maarif-wafat-tinggalkan-duka-mendalam-rGIo2amq8V.jpg Presiden Jokowi mengantarkan jenazah Buya Syafii ke pemakaman. (Foto: Antara)

JAKARTA – Kabar duka menyelimuti masyarakat Indonesia. Cendekiawan dan ulama Ahmad Syafii Maarif atau biasa disapa Buya Syafii meninggal dunia pada hari Jumat 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Buya Syafii mengembuskan napas terakhirnya di usia 86 tahun atau beberapa hari sebelum hari ulang tahunnya pada 31 Mei.

Buya Syafii semasa hidupnya pernah menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute.

Buya Syafii adalah seorang cendekiawan dan ulama yang lahir pada 31 Mei 1935 di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau. Orangtuanya adalah Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah. Buya Syafii bungsu dari 4 bersaudara seibu seayah dan seluruhnya 15 orang bersaudara seayah berlainan ibu.

Wafatnya Buya Syafii Maarif tentu jadi kehilangan besar bangsa Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melayat langsung ke Yogyakarta menyebut Buya Syafii adalah 'Guru Bangsa'.

Baca selengkapnya: Breaking News: Eks Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini