Share

Pansel Umumkan 50 Calon Anggota Komnas HAM Lolos Tes Tulis

Riana Rizkia, MNC Portal · Jum'at 27 Mei 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 337 2601220 pansel-umumkan-50-calon-anggota-komnas-ham-lolos-tes-tulis-V8knLTU839.jpg Wakil Ketua Pansel Anggota Komnas HAM Kamala Chandra Kirana. (tangkapan layar/MNC Portal/Riana Rizkia)

JAKARTA - Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Kamala Chandra Kirana mengatakan, dari 96 peserta, 50 di antaranya lolos seleksi tertulis objektif dan penulisan makalah.

"Sebanyak 50 orang peserta seleksi telah lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Panitia seleksi (pansel) menilai nama-nama peserta yang lolos telah memenuhi syarat dan kriteria tentang pengetahuan serta wawasan hak asasi manusia," kata Kamala dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

"Ke-50 peserta akan mengikuti tahapan dialog publik yang dijadwalkan pada 8-9 Juni 2022," ucapnya.

Kamala menilai, jumlah calon peserta yang lolos pada tahap ini cukup representatif.

"Jumlah ini atau peserta yang lolos bersifat cukup representatif," ucapnya.

Dari segi gender, kata Kamala, terdapat 9 peserta perempuan atau sekitar 18% dari total keseluruhan calon anggota Komnas HAM.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"(Lalu) dari segi wilayah domisili, peserta yang lolos didominasi dari Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Lainnya berasal dari Banten, Jawa Tengah, DIY, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara timur," katanya.

"Dari segi profesi pun beragam, dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Mereka yang lolos berprofesi sebagai aktivis, akademisi, jurnalis, ASN, Polri, pegawai swasta, hingga tenaga kesehatan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini