Share

Indonesia Mulai Masuk Fase Endemi Covid-19, Wisma Atlet Akan Ditutup?

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 27 Mei 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 337 2601047 indonesia-mulai-masuk-fase-endemi-covid-19-wisma-atlet-akan-ditutup-FruknoXZFy.jpg Wisma Atlet (Foto MPI)

JAKARTA - Pemerintah menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai memasuki fase endemi. Transisi ini, salah satunya terlihat dari data Covid-19 terkini yang menunjukkan angka penurunan kasus, perawatan di rumah sakit, hingga angka kematian. Bahkan, mulai menurunnya efek Covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat.

Dengan penurunan kasus ini, bagaimana nasib sejumlah fasilitas perawatan pasien Covid-19 di antaranya Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet di Kemayoran Jakarta, yang telah disiapkan oleh Satgas?

Merespons hal itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan saat ini fasilitas pendukung untuk perawatan pasien Covid-19 masih akan dipertahankan seperlunya. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada lonjakan kasus Covid-19.

“Untuk fasilitas-fasilitas pendukung apabila terjadi lonjakan kasus karena ini masih pandemi di Global, tentunya akan tetap dipertahankan seperlunya untuk mengantisipasi bila ada lonjakan kasus di Indonesia,” ungkap Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Jumat (27/5/2022).

Selain itu, Wiku mengatakan bahwa saat ini dunia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. “Prinsipnya, situasi dunia sekarang masih pandemi. Kasus Covid-19 di Indonesia relatif terkendali, seperti tadi sudah disampaikan data-datanya. Dan kondisi ini harus tetap dipertahankan," tuturnya.

Namun, kata Wiku, apabila negara-negara lain bisa mengendalikan kasus seperti Indonesia, bukan tidak mungkin status pandemi Global akan dicabut oleh World Health Organization (WHO). “Apabila banyak negara makin bisa mengendalikan kasusnya seperti Indonesia, tidak tertutup kemungkinan status pandemi Global bisa dicabut oleh WHO,” katanya.

“Untuk khususnya, untuk Indonesia dengan kasus terkendali seperti ini perlu dipertahankan dan tentunya bisa melakukan aktivitas sosial ekonomi lebih produktif lagi,” paparnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini