Share

Perkuat Pertahanan IKN Nusantara, Panglima TNI Ajukan Penambahan Alutsista

Riezky Maulana, iNews · Kamis 26 Mei 2022 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 337 2600444 perkuat-pertahanan-ikn-nusantara-panglima-tni-ajukan-penambahan-alutsista-tdAwRkDhWc.jpg Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyebut Mabes TNI telah mengajukan penambahan alat utama sistem senjata (alutsista) untuk penguatan pertahanan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kalau alutsista ya kita kan juga mengajukan ya, penambahan kekuatan personel juga alutsista," ujar Andika kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Andika meyakini bahwa alutsista yang diperoleh nantinya belum ideal. Namun, eks KSAD itu menegaskan bahwa apa pun alutsista yang dimiliki oleh TNI pastinya akan dimaksimalkan.

Baca juga: Panglima TNI Sambangi PBNU Bahas Bela Negara

"Tapi yang jelas kan kita juga tidak mungkin mendapat dukungan secara ideal. Yang penting apa yang kami miliki, kami berusaha untuk memaksimalkan gelar kami di sana," jelasnya.

Baca juga: Panglima TNI Silaturahmi ke PBNU, Gus Yahya: Jangan-Jangan Pak Andika NU Juga

Lebih jauh dikatakan Andika, bila dalam waktu dekat belum ada alutsista baru, maka pihaknya akan melakukan shifting. Dirinya kembali menegaskan bahwa pengamanan terhadap IKN akan dilakukan secara maksimal.

"Kalaupun yang baru belum ada, kita akan shifting, relokasi dari aset aset kami di titik-titik yang ada. Intinya harus kita buat maksimal pengamanan Ibu Kota Baru," ungkapnya.

Di sisi lain, eks Danpaspampres itu mengungkapkan bahwa permasalahan alutsista bukan hanya sekadar beli membeli saja. Namun, ada hal lain yang belum kompleks, seperti perawatan dan lain-lain.

"Alutsista sebetulnya kompleks, bukan hanya menambah baru tapi juga ada yang melengkapi dan ada juga yg porsi buat maintenance. Itu lebih proporsional, jadi sebetulnya campuran," jelasnya.

Baca juga: Viral Pesan Jenderal Andika ke Prajurit: Menikah Itu Pertama Kali dan Juga Terakhir

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini