Share

Hadapi Pemilu 2024, Polri Akan Gelar Operasi Mantap Brata

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 25 Mei 2022 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 337 2599821 hadapi-pemilu-2024-polri-akan-gelar-operasi-mantap-brata-uM9nGeLHZM.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan pihaknya akan menggelar Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilu dan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 2024 mendatang.

Dalam tahun pesta demokrasi tersebut setidaknya ada tiga pemilihan yang akan dilakukan yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2022 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak direncanakan akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Nantinya Polri akan menggelar Operasi Mantap Brata dari tingkat Mabes sampai dengan tingkat Polres jajaran," ujar Dedi Prasetyo, Selasa (24/5/2022).

Ia menjelaskan pihaknya akan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan pemilu. Dimana setiap tahapan akan memiliki potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang berbeda.

Polri kata Dedi Prasetyo akan menyiapkan skema pengamanan yang tepat sehingga proses pemilu dan pilkada serentak dapat berlangsung aman, lancar, demokratis dan tetap memperhatikan prokes (protokol kesehatan).

"Tentu Polri akan merencanakan dan mempersiapakan anggaran, personel, sarana prasarana, cara bertindak untuk mengantisipasi potensi gangguan-gangguan tersebut," jelas Dedi Prasetyo.

Namun ia belum merincikan lebih detail kapan operasi tersebut mulai dilaksanakan. Pasalnya saat ini semua pihak masih menunggu jadwal dan tahapan pemilu yang masih dirumuskan penyelenggara pemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP) bersama DPR RI dan pemerintah.

"Proses tahapannya masih dirapatkan dengan Komisi II DPR RI sebelum diputuskan," pungkas Dedi Prasetyo.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pengamanan Pemilu 2024 akan dilakukan lebih awal karena lebih kompleks dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

Selama ini pemilu dan pilkada tidak digelar di tahun yang sama, tapi pada 2024 pemilu dan pilkada seluruh Indonesia akan digelar di tahun yang sama. Meskipun antara Pemilu 2024 dan Pilkada serentak 2024 memiliki rentang jeda waktu kurang lebih 9 bulan.

"Tentunya karena kita tahu bahwa pemilu tahun 2024 ini jauh lebih kompleks, karena memang dari sisi penyelenggaraannya yang serentak sehingga perlu pengamanan yang lebih awal," ujar Listyo Sigit Prabowo setelah menerima audiensi KPU di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/5/2022) lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini