Share

Podcast Aksi Nyata Perindo: Pantai Oyama hingga Desa Mbuang Mbuang Destinasi Pariwisata Populer di Banggai Laut

Tim Okezone, Okezone · Selasa 24 Mei 2022 23:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 337 2599749 podcast-aksi-nyata-perindo-pantai-oyama-hingga-desa-mbuang-mbuang-destinasi-pariwisata-populer-di-banggai-laut-jFnGSy1AOZ.jpg Irwan Lajumi (Foto: tangkapan layar Podcats Aksi Nyata Perindo)

BANGGAI LAUT - Kabupaten Banggai Laut merupaan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. Banggai Laut merupakan kabupaten yang terbilang baru dibentuk dan dimekarkan pada 14 Desember 2012 silam.

Kabupaten Banggai Laut terdiri dari 7 Kecamatan, 3 Kelurahan dan 63 Desa dengan luas wilayah 725,67 km² dan jumlah penduduk sebesar 63.127 jiwa dengan sebaran penduduk 87 jiwa/km².

Banggai Laut dikenal dengan keindahan laut dan pantainya lantaran daerah ini belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Daerah ini juga didominasi lautan daripada daratan dengan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai nelayan.

Baca juga: Mengintip Banggai Laut, Surga Tersembunyi di Sulawesi Tengah Bikin Jatuh Hati

Pengurus Pemuda Perindo Banggai Laut sekaligus anggota DPRD Kabupaten Banggai Laut, Irwan Lajumi mengatakan bahwa dua hal yang paling populer di Banggai Laut dari segi pariwisata yakni Desa Mbuang Mbuang dan Festival Malabot Tumbe.

“Selain itu juga ada Pantai Oyama,” kata Irwan Lajumi dikutip dari Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia di Youtube Partai Perindo, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Mencoba Sensasi Melayang di Jembatan Rengganis, Bisa Lihat Pemandangan Kawah

Dia menjelaskan bahwa untuk sampai ke Banggai Laut memerlukan waktu yang tak sedikit, apalagi untuk berlibur ke Desa Mbuang Mbuang.

“Durasi ke Banggai Laut dari Kabupaten Banggai itu bisa 8-9 jam,” ujarnya.

Dia mengakui, sarana dan prasarana masih minim di daerahnya, termasuk dalam hal transportasi.

Meski demikian, lanjut dia, dalam waktu dekat Banggai Laut akan memiliki bandara yang diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata.

Menurut dia, dana yang perlu dipersiapkan bila ingin berlibur ke Banggai Laut kisaran Rp5 juta dari Jakarta dengan moda transportasi udara.

“Misalnya dari Jakarta, pesawat PP itu kurang lebih Rp5 juta,” katanya.

Kemudian transportasi ke Banggai Laut dan Desa Mbuang Mbuang diperkirakan mencapai Rp3 juta. “(Kira-kira) Rp10 juta sudah cukup. Untuk penginapan, di sana ada homestay,” kata Irwan.

Selain destinasi wisata pantai dan laut, Irwan juga mengungkapkan bahwa salah satu kuliner khas Banggai Laut yang wajib dicoba oleh wisatawan di antaranya, Ubi Banggai. “Jadi ini adalah ubi yang memang hidupnya itu tidak bisa di daerah lain kecuali di Banggai,” tuturnya.

Baca juga: Tes PCR Dihapus, Sandiaga Ingatkan Wisatawan: Jangan Jumawa!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini