Share

Podcast Aksi Nyata: Pakar Jelaskan Perbedaan Digital Marketing dengan Marketing Konvensional

Muhammad Farhan, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 337 2598985 podcast-aksi-nyata-pakar-jelaskan-perbedaan-digital-marketing-dengan-marketing-konvensional-mJAdnRSoSV.JPG Podcast Aksi Nyata (Foto: MPI)

JAKARTA - Fenomena teknologi digital kini sedang mendominasi segala sektor kehidupan masyarakat, khususnya merambah di dunia marketing. Seluk beluk digital marketing kali ini menjadi trend yang banyak digandrungi milenial muda karena platform yang sering digunakan yakni media sosial merupakan dunia yang banyak dikonsumsi oleh anak muda.

Pakar Digital Marketing yang telah menggeluti hal tersebut selama lebih dari 13 tahun di sektor finansial, Albertus Andre menjelaskan bagaimana seluk beluk digital marketing yang telah diselaminya. Bertus menegaskan fenomena digital marketing ini baru menjadi trending selama lima tahun belakangan.

"Digital marketing dengan marketing konvensional itu hampir sama, namun berbeda di paradigma, framework dan tujuannya. Digital marketing sangat kuat menyentuh media kekinian, seperti media sosial atau google. Jadi bukan lagi promosi iklan di televisi atau radio," ujar Bertus saat diwawancarai di Podcast Aksi Nyata melalui kanal youtube Perindo, Senin (23/5/2022).

Bertus menjelaskan digital marketing saat ini lebih efektif dilakukan karena dapat menentukan target pasar. Menurutnya, digital marketing lebih mudah melakukan riset pasar seperti target konsumen, pemetaan strategi marketing kompetitor dan dapat menentukan kriteria pasar yang dituju.

"Digital marketing ini lebih menguntungkan karena kita dapat memperoleh target yang terukur. Segmentasi pasar dan kompetitor dapat dipetakan dengan mudah sehingga kita dapat melakukan strategi marketing yang berbeda dan sesuai," kata Bertus.

Dia pun menegaskan kehebatan digital marketing juga mampu menangkap konsumen dari produk yang kita tawarkan secara mendetail. Pelaku digital marketing, lanjut Bertus, dapat mengkampanyekan penjualan berdasarkan konten yang sesuai dengan target pasar.

"Selain kita dapat memperoleh data target pasar berdasarkan demografi dan geografi dari target konsumen, jadi kita juga bisa menentukan produksi konten marketing yang tepat kepada target pasar yang kita tuju," tutur Bertus.

Diketahui, Bertus menjelaskan digital marketing tersebut dalam acara Podcast Aksi Nyata yang ditayangkan oleh Partai Perindo. Podcast tersebut diampu oleh Host, Aisha Lahtiba yang ditayangkan secara daring tersebut bertemakan 'Raih Perhatian Konsumen dengan Strategi Digital Marketing yang Tepat!'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini