Share

Wamenkes Lakukan Evaluasi Bersama Epidemiologi untuk Kaji Penghapusan PPKM Level 1

Kevi Laras, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 337 2598972 wamenkes-lakukan-evaluasi-bersama-epidemiologi-untuk-kaji-penghapusan-ppkm-level-1-1SEA7LPDNS.jpg Ilustrasi/Okezone

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menjelaskan masih akan melakukan evaluasi bersama para epidemiologi untuk menentukan apakah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 dihapus atau tidak.

Melalui penjelasannya, Dante mengatakan mengendalikan Covid-19 dengan PPKM ada hitungannya. Ia menyebut parameter yang digunakan pemerintah adalah menghitung Rt atau effective reproduction number Covid-19.

"Mengenai status PPKM yang memang nantinya akan dihapus, kami sedang melakukan evaluasi dengan para epidemiolog," kata Wamenkes Dante dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI disiarkan langsung, Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada dua opsi ditentukan pemerintah dalam memutuskan PPKM yakni; pertama Rt kurang dari dua bulan nilainya kurang dari satu maka PPKM akan diperpanjang setiap dua pekannya.



Kemudian, opsi kedua, jika Rt Covid-19 selama 4 bulan kurang dari 1, maka PPKM akan diperpanjang sebulan sekali.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menyinggung bila kasus Covid-19 di Indonesia terkendali. Alasannya yaitu persentase antibodi masyarakat Indonesia meningkat.

"Kelihatannya kita sudah mulai agak pd terhadap situasi ini (covid), mungkin karena angka antibodi SARS-CoV-2 di kita semakin baik," katanya

"Penelitian antibodi terhadap covid 19 yang diselenggarakan dua kali di Desember 2021 dan di Maret 2022 di Maret 2022. Sudah ada 99,6 orang-orang di populasi masyarakat, yang diperiksa antibodinya sudah menunjukkan hasil positif sehingga kebal terhadap covid 19," jelas Dante.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini