Share

4 Tokoh Dunia yang Pernah Dipenjara, Ada Bung Karno!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 24 Mei 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 337 2598772 4-tokoh-dunia-yang-pernah-dipenjara-ada-bung-karno-9HinHjG5S1.jpg Soekarno

TIDAK sedikit tokoh dunia yang menghadapi jalan terjal dalam kehidupannya. Aktivitasnya saat memegang jabatan ternyata berisiko. Akibatnya, hukuman penjara pun harus mereka rasakan. Siapa saja tokoh dunia yang sempat mendekam di balik jeruji besi? Berikut 4 tokoh dunia yang pernah dipenjara.

Soekarno

Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah merasakan dinginnya jeruji besi di masa pemerintahan kolonial Belanda. Bung Karno ditahan di Bandung pada 1929 atas tuduhan menyebarkan propaganda bagi kaum pribumi. Karena itu, pemerintah Belanda menganggap Soekarno adalah sosok yang berbahaya.

Karena pengalaman di penjara itulah, melansir jurnal bertajuk “Jejak Politik dan Perjuangan Bung Karno”, Bung Karno tumbuh sebagai sosok yang sangat kuat dan semakin kritis. Belum lagi kisah pengasingannya ke Flores dan Sumatera yang turut membesarkan jiwanya.

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau Bung Hatta, rekan seperjuangan Bung Karno yang mendampinginya sebagai wakil presiden, juga sempat mengalami kehidupan di dalam penjara. Pria kelahiran tahun 1902 ini sudah aktif di dunia politik saat menimba ilmu di Handels Hooge Schools Rotterdam, Belanda.

Bahkan, ia menjadi Ketua Perhimpunan Indonesia selama 4 tahun (1926-1930). Mengutip Sindonews, karena kegiatannya itulah Bung Hatta harus diasingkan ke penjara Den Haag pada November 1927. Ia baru dibebaskan pada tahun 1928.

Saat kembali ke Tanah Air di tahun 1932, Hatta mendirikan Pendidikan Nasional Indonesia. Lagi-lagi, kegiatannya ini dikecam oleh pemerintah Hindia-Belanda dan menjebloskan Hatta ke penjara Glodok dan Rutan Salemba (dahulu bernama penjara Gang Tengah). Tiga tahun kemudian, Hatta dibuang ke Boven Digul, di pelosok Papua. Tak lama kemudian, tepatnya tahun 1936 Hatta dibuang ke Banda Neira dan Sukabumi hingga tahun 1942.

Nelson Mandela

Tokoh dunia lain yang pernah dipenjara adalah Nelson Mandela. Pemimpin Afrika Selatan ini ditangkap pada tahun 1961 karena tuduhan pengkhianatan, namun kemudian dibebaskan. Setahun berselang, ia kembali ditangkap karena meninggalkan Afrika Selatan secara ilegal.

Laman History menyebut, Mandela dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan ditahan di Pulau Robben. Mandela kembali diadili pada tahun 1964 atas tuduhan sabotase. Kali ini, ia divonis penjara seumur hidup. Akan tetapi, ia hanya menghabiskan hukumannya di penjara selama 27 tahun. Mandela menghirup udara bebas pada Februari 1990.

Mahatma Gandhi

Satu lagi tokoh besar dunia yang merasakan kurungan jeruji besi adalah Mahatma Gandhi. Tokoh yang sangat terkenal dalam menebarkan kedamaian dan toleransi antarumat beragama itu mendekam di penjara karena dituduh menghasut pada tahun 1922. Ia juga dianggap memprotes pemerintahan kolonial Inggris di India.

Meskipun vonis yang ia terima adalah 6 tahun penjara, namun Gandhi hanya menjalankannya selama 2 tahun. Pada Februari 1924, Gandhi resmi keluar dari kamar tahanan. Hal itu karena penyakit usus buntunya yang sudah cukup akut sehingga ia harus segera mendapat perawatan intensif. (diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachhmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini