Share

Gus Yahya Minta Parpol Tak Eksploitasi Identitas NU

Widya Michella, MNC Media · Senin 23 Mei 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 337 2598662 gus-yahya-minta-parpol-tak-eksploitasi-identitas-nu-F40UmeJLDt.jpg Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). (Foto : MNC Portal/Widya Michella)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya meminta semua partai politik (parpol) tidak mengeksploitasi identitas Nahdlatul Ulama (NU). Itu karena, menurutnya, NU merupakan perkumpulan milik semua bangsa.

"Saya ingin sampaikan di sini bahwa kita tidak mau, kita mohon jangan pakai politik identitas, terutama identitas agama, termasuk identitas NU. Tidak boleh mengeksploitasi identitas NU untuk politik. NU ini untuk seluruh bangsa," ujar Gus Yahya saat ditemui wartawan di Kantor PBNU, Jakarta, Senin (23/05/2022).

Gus Yahya mengingatkan semua parpol tidak menggunakan NU sebagai senjata dalam konstelasi politik. Sebab jika terus dilakukan, akan dikhawatirkan menjadi politik tidak sehat.

"Semuanya, untuk semua partai. Jadi, NU itu enggak boleh digunakan sebagai senjata untuk kompetisi politik, karena kalau kita biarkan terus begini ini tidak sehat," ujarnya.

Gus Yahya mengomentari hubungan NU dan PKB saat ini. Dia mengatakan dirinya tidak membuat pernyataan negatif terhadap PKB.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

"Kita kan enggak ngapa-ngapain, enggak melakukan apa-apa. Saya tidak memberikan pernyataan apapun yang berisi negatif terhadap siapapun apalagi PKB," kata dia.

"Kalau ada yang mengatakan renggang ya mereka yang merenggangkan diri," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini