Share

Perubahan Warna Pelat Nomor, Warga Diimbau Sabar dan Jangan Beli Online

Riana Rizkia, MNC Portal · Minggu 22 Mei 2022 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 337 2598336 perubahan-warna-pelat-nomor-warga-diimbau-sabar-dan-jangan-beli-online-GRAhRjNJXd.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus meminta masyarakat agar dapat bersabar menunggu pelat nomor putih, dan tidak membelinya secara online.

Yusri menyebut, Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan segera merealisasikan rencana penerapan pergantian warna dasar pada tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dari hitam ke putih. Namun kebijakan tersebut dilakukan secara bertahap. Artinya tidak semua kendaraan mendapat pelat nomor putih serentak.

"Terus gimana kok sudah banyak beredar pelat putih? Saya harus jelaskan lagi 'sabar lah masyarakat ini'," kata Yusri saat dikonfirmasi, Minggu (22/5/2022).

Jika kebijakan sudah berlaku, masyarakat diimbau agar tidak panik, Yusri melarang pembelian pelat putih secara online, karena menurutnya semua kendaraan akan berpelat putih jika sudah sesuai dengan ketentuan.

"Yang mengeluarkan pelat itu adalah polisi, bukan online. Kok beli di online? Salah gak? Ya salah," ucapnya.

Sebelumnya, Yusri mengatakan wacana tersebut akan segera direalisasikan pada tahun 2022 ini.

"Engga usah (diperkirakan) Juni atau Juli mba, inshaAllah secepatnya, karena sudah selesai," kata Yusri saat dihubungi MNC Portal, Minggu (22/5/2022).

Yusri menyebut, jika tahun ini sudah terealisasikan, maka di tahun 2027, seluruh kendaraan pada skala nasional akan menggunakan pelat berwarna putih.

"Berubahnya nanti dari tahun 2027 sudah lengkap, semuanya sudah putih, karena kan sudah 5 tahun," kata Yusri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini