Share

3 Kasus Ibu Bunuh Anak, Ada yang Habiskan Uang Deposito

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 337 2598298 3-kasus-ibu-bunuh-anak-ada-yang-habiskan-uang-deposito-i1vgek7lTc.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

KASUS ibu bunuh anak yang terjadi pada tahun 2006 silam menggemparkan masyarakat. Siapa sangka, peristiwa serupa bermunculan hingga kini. Belakangan, kasus ibu bunuh anak terjadi di Semarang. Deretan kejadian ini tentu menimbulkan keprihatinan tersendiri.

Aksi ibu bunuh anak dipengaruhi oleh beberapa sebab. Salah satunya, faktor ekonomi, yang menjadi pemicu utama. Alasan lain yang terungkap, goncangan mental yang dialami ibu, seperti depresi. Berikut beberapa kasus ibu bunuh anak yang terjadi di tahun ini.

1. Ibu Bunuh Anak di Semarang, Mei 2022

Ibu berinisial RSS (34) ditemukan dalam kondisi lemah dengan leher terlilit handuk, di ranjang di sebuah kamar hotel di Semarang pada Selasa 10 Mei 2022. Di sampingnya, tergeletak KA (4) yang sudah tak bernyawa.

Kasus ini terungkap ketika petugas hotel mendobrak pintu kamar lantaran tak mendapatkan respons saat pintu diketuk. Diduga, RS membunuh anak lelakinya itu lalu melakukan upaya bunuh diri.

Pelaku diduga takut suaminya marah lantaran dia menghabiskan uang deposito sebesar Rp1,2 miliar tanpa sepengetahuan suami. Selain itu, pelaku juga terjerat pinjol senilai Rp38 juta. Sebelum melakukan aksinya, menurut keterangan pihak Polrestabes Semarang, pelaku sempat mencari informasi di internet terkait bunuh diri bersama anak. Saat itulah RS berniat bunuh diri bersama anaknya, KA.

2. Ibu Bunuh Anak di Brebes, Maret 2022

Masyarakat dihebohkan dengan kasus ibu muda yang membunuh anak-anaknya. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu 20 Maret 2022 di Brebes, Jawa Tengah. Pelaku berinisial KU (35) diketahui mengalami depresi, sehingga menggorok tiga anak kandungnya. Perbuatan pelaku menyebabkan salah satu anaknya tewas. Sementara, dua anaknya yang lain mengalami luka serius di bagian dagu, leher, dan dada.

Para tetangga mengetahui kejadian tersebut setelah mendengar jeritan suara anak kecil. Ketika dihampiri, saksi menemukan anak tersangka yang berusia 7 tahun sudah tewas bersimbah darah dengan luka di leher. KU kemudian diperiksa kejiwaannya dan berdasarkan hasil observasi ti medis selama sebulan, KU dinyatakan mengalami gangguan jiwa berat.

3. Ibu Bunuh Anak di Barito Utara, Februari 2022

Pada Rabu 2 Mei 2022, Polsek Lahei mendapat laporan dari warga di Kelurahan Lahei 2, Barito Utara mengenai pembunuhan yang dilakukan oleh seorang ibu kepada anaknya yang berusia 2 tahun. Tersangka yang berinisial AR diketahui memiliki gangguan jiwa sejak tahun 2019.

AR (29) membunuh korban dengan melukai lehernya menggunakan mandau dan membuang jasad korban ke Sungai Barito. Jasad korban berinisial AF itu berhasil segera dievakuasi oleh warga setempat. Sementara tersangka langsung diamankan pihak kepolisian dan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini