Share

3 Negara yang Pernah Dilanda Tsunami Hebat, Indonesia Salah Satunya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 23 Mei 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 337 2598290 3-negara-yang-pernah-dilanda-tsunami-hebat-indonesia-salah-satunya-OVcYcBmwdH.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

TSUNAMI bisa dikatakan merupakan bencana alam yang paling mematikan. Bencana yang melibatkan ombak tinggi ini disebut sebagai salah satu bencana alam dengan tingkat kehancuran paling tinggi. Tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang, terdiri dari kata tsu berarti pelabuhan dan nami berarti gelombang.

Penyebab tsunami beragam, mulai dari gempa bumi di laut dalam hingga meletusnya gunung berapi di dalam laut. Sepanjang sejarah, telah terjadi beberapa tsunami paling besar dan paling mematikan di berbagai belahan dunia.

Beberapa tsunami tersebut memakan banyak korban dan membuat kerugian fantastis.

Berikut rangkuman negara yang pernah dilanda tsunami hebat di dunia.

1. Greenland

Greenland merupakan negara yang jarang sekali mengalami tsunami. Namun pada 17 Juni 2017, gelombang raksasa setinggi 295 kaki atau sekitar 89,916 meter menghantam desa nelayan Nuugaatsiaq. Besarnya gelombang tsunami ini berhasil tercatat sebagai salah satu gelombang terbesar di dunia.

Dikabarkan ada empat orang tewas dan 11 bangunan tersapu gelombang tsunami.

Setelah ditelisik lebih jauh, tsunami raksasa ini terjadi akibat adanya tanah longsor di Karrat Fjord. Pegunungan yang mengelilingi Karrat Fjord masih bersifat tidak stabil sehingga membuat pegunungan es lebih mudah mencair. Peneliti juga percaya bahwa tragedi ini dipicu oleh perubahan iklim yang melelehkan es sekitar pegunungan.

2. Jepang

Negara Matahari Terbit ini sejatinya terkenal dengan perkembangan teknologi canggih serta kebudayaan tradisionalnya yang masih lestari. Namun di balik seluruh keindahannya, tersimpan fakta bahwa Jepang juga merupakan salah satu negara yang sering dilanda musibah gempa dan tsunami.

Sejumlah catatan menyebutkan tsunami yang beberapa kali pernah menggulung wilayah Jepang dan menelan banyak korban jiwa. Misalnya pada 11 Maret 2011, tercatat gelombang raksasa melanda Sendai di pesisir Pasifik Utara.

Gelombang tersebut melaju dengan kecepatan 800 kilometer per jam. Sebelumnya, telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 9 SR yang kemudian memicu terbentuknya gelombang tsunami. Dikabarkan lebih dari 18.000 nyawa tidak terselamatkan.

3. Indonesia

Sebagai negara yang dilintasi rangkaian gunung api atau Ring of Fire, di Indonesia terdapat deretan gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Letak Indonesia yang berada di pertemuan tiga lempeng bumi juga menambah peluang terjadinya gempa bumi di negeri ini.

Indonesia pernah beberapa kali dilanda bencana tsunami dahsyat. Tragedi memilukan tersebut bahkan ada yang masuk ke dalam daftar rekor dunia. Pada tahun 26 December 2004, dunia dibuat pilu dengan bencana alam tsunami yang menimpa Aceh di Pulau Sumatera. Gelombang laut tercipta akibat adanya gempa berskala 9,1 SR.

Gelombang setinggi 50 meter ini lantas menewaskan sekitar 230.000 nyawa. Australian Geographic menyebut tragedi ini sebagai tsunami terburuk yang pernah ada dalam catatan sejarah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini