Share

Kuliah Umum Bela Negara di Unitomo, Kasad Ajak Bangun Kebersamaan dalam Keberagaman

Tim Okezone, Okezone · Minggu 22 Mei 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 337 2598271 kuliah-umum-bela-negara-di-unitomo-kasad-ajak-bangun-kebersamaan-dalam-keberagaman-0IZUjnYBgp.jpg Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: MPI)

SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak mahasiswa Universitas Dr.Soetomo (Unitomo) untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai upaya menangkal dampak negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi yang menjadikan dunia tanpa batas.

BACA JUGA:ย Nyatakan Bangga, Kasad Apresiasi Inovasi Para Babinsa dalam Jalankan Tugas

Hal tersebut disampaikan Kasad pada kuliah umum bela negara di hadapan sekira 250 Civitas Akademika Universitas Dr. Soetomo Surabaya yang mengambil tema membangun kebersamaan dalam keberagaman.

Dikatakan Kasad, saat ini informasi dari sumber yang terbuka mudah didapatkan dengan memanfaatkan jaringan internet. Kemudahan mendapatkan informasi itu, juga diiringi perkembangan berita-berita bohong yang dilakukan terus menerus dengan menggunakan berbagai platform media maupun secara langsung, yang akan menyebabkan mudahnya terjadi konflik SARA.

BACA JUGA:ย Jenderal Dudung: Mahasiswa Garda Terdepan Penjaga Tetap Tegaknya Pancasila

โ€œKita terbangun dengan keberagaman, kita terbangun dari suku, agama maupun golongan yang sangat rentan, sehingga perlu literasi yang baik dan kepedulian kita semua untuk mencegah terjadinya konflik tersebut,โ€ kata Kasad.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan, pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman-ancaman eksternal yang dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, para Founding Father Indonesia seperti Ir. Soekarno, Bung Tomo (Sutomo), Jenderal Besar Soedirman dan lain-lain telah memberikan contoh betapa kuatnya semangat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman dalam perjuangannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini