Share

Achmad Yurianto Dikenal Tetangga sebagai Sosok Pejabat Sederhana yang Tak Neko-Neko

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 22 Mei 2022 02:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 337 2598124 achmad-yurianto-dikenal-tetangga-sebagai-sosok-pejabat-sederhana-yang-tak-neko-neko-wiwWScyAW8.jpg Suasana rumah duka Achmad Yurianto (Foto: Avirista M)

KOTA BATU - Achmad Yurianto dikenal sebagai pribadi sederhana di mata para tetangganya di Kota Batu, Jawa Timur. Bahkan, tetangga Achmad Yurianto di Kelurahan Dadaprejo RT 3 RW 1, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, mengenal dekat dengan sang mantan juru bicara (Jubir) Covid-19 pertama kali di Indonesia ini.

Hal itu terlihat dari banyak tetangga yang berdatangan ke rumah duka di Jalan Ir. Soekarno Nomor 31 Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu, pada Sabtu malam (21/5/2022). Para tetangga saling bahu membahu menyiapkan segala keperluan untuk pemakaman mantan Jubir Covid-19 itu.

BACA JUGA:Achmad Yurianto Akan Dimakamkan Secara Militer 

Kursi - kursi plastik berwarna hijau sudah berjajar rapi di depan rumah tepat di samping jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dan Kota Batu. Tak ketinggalan lampu-lampu kecil penanda rambu dan cone dipasang di depan rumah, agar pengendara yang melintas mengurangi kecepatannya.

 

Takim, tetangga Achmad Yurianto mengungkapkan, rumah yang menjadi persemayaman jenazah Achmad Yurianto merupakan rumah orangtua dan masa muda Yurianto. Semasa menjadi pejabat di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yurianto memang jarang pulang ke rumah karena kesibukannya.

"Kenal sudah lama, tetanggaan di sini. Terakhir ketemu saat bapaknya (Achmad Yurianto) meninggal dua tiga tahun lalu seingat saya," kata Takim kepada MNC Portal, pada Sabtu tengah malam.

Takim mengakui, Yurianto pribadi yang suka bergaul, bersosialisasi, dan ramah kepada setiap tetangganya. Bahkan, saat pulang terakhir beberapa tahun lalu, ia sempat berbincang sekitar 30 menit di belakang rumah keluarga Achmad Yurianto.

"Baik orangnya, sederhana meski sudah jadi pejabat, nggak neko-neko, sering nyapa, ramah, terakhir ngobrol itu agak lama setengah jaman, biasanya nggak pernah lama, karena beliau kan sibuk. Tapi pasti kalau ketemu nyapa," ujarnya.

BACA JUGA:Achmad Yurianto di Mata Keluarga, Sosok yang Senang Guyon hingga Tak Terlihat Sakit 

Pihaknya menyebut, rumah orangtua Yurianto kini ditinggali sang adik perempuannya setelah orangtua Achmad Yurianto wafat, di mana suaminya memiliki usaha jualan makanan. Yurianto sendiri dikatakan Takim jarang pulang ke rumah, namun ketika almarhum ada tugas ke Jawa Timur sesekali mampir pulang ke rumah.

"Yang di sini Mbak Yeti, kalau bapaknya (Achmad Yurianto, red) di sini (Achmad Yurianto) pulang, kalau pas di sini pulang lo ya, sebentar - sebentar tiga hari saja," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, mantan Jubir Covid-19 Achmad Yurianto wafat pada Sabtu malam (21/5/2022) pukul 18.58 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang. Yurianto wafat di usia 60 tahun, meninggalkan satu orang istri dan dua orang laki-laki.

Achmad Yurianto sendiri sebelumnya pernah bertugas di Korps TNI AD hingga akhirnya berpangkat Kolonel Crm. Rencananya jenazah bakal dimakamkan di TPU Dadaprejo, pada Minggu pagi (22/5/2022) pukul 10.00 WIB dengan upacara militer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini