Share

Amankan Demo 21 Mei, Pangdam Jaya ke Prajurit: Tugas Kita Bukan Menghalau dan Menindak

Kiswondari, Sindonews · Sabtu 21 Mei 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 337 2597907 amankan-demo-21-mei-pangdam-jaya-ke-prajurit-tugas-kita-bukan-menghalau-dan-menindak-YsspVnO1DL.jpg Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto saat memberikan pengarahan kepada prajurit (foto: dok TNI AD)

JAKARTA - Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto yang didampingi Kasdam Jaya Brigjen TNI Edy Sutrisno, dan pejabat jajaran Kodam Jaya, memberikan pengarahan kepada personil TNI dalam rangka pengamanan unjuk rasa, bertempat di area Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (21/05/2022).

“Hari ini kita kembali lagi melaksanakan tugas, tugas kita adalah membantu polisi dalam mengamankan aksi unjuk rasa, karena unjuk rasa hak setiap warga Negara untuk menyampaikan pendapat,” kata Untung yang dikutip melalui keterangan pers kepada media, Sabtu (21/5/2022).

 BACA JUGA:5.750 Personel Kepolisian Amankan 2 Titik Demo Hari Ini

“Dan kita bertugas untuk mengamankan bukan untuk menghalau, menindak. Agar kegiatan ujuk rasa dapat berjalan dengan baik dan lancar,” sambungnya.

Pangdam Jaya juga menegaskan, tidak ada anggota TNI yang membawa senjata tajam/sangkur dalam pengamanan unjuk rasa hari ini.

 BACA JUGA:Ribuan Massa Akan Demo di Patung Kuda dan DPR Hari Ini

“Karena tugas kita adalah mengamankan para pendemo atau unjuk rasa agar mereka aman dalam memberikan pendapat secara humanis,” tegas Pangdam Jaya.

Tak hanya itu, Untung mengingatkan seluruh anggota untuk tidak bertindak arogan, tapi sebaliknya mampu melaksanakan penanganan unjuk rasa dengan humanis serta persuasif

“Dan selalu menjaga disiplin sesuai tugas pokok dan menjaga Keutuhan Wilayah serta Tegaknya NKRI,” ujarnya.

Selain itu, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto bersama para pejabat Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya mengecek Pos pengamanan Unras yang berada di sekitar Monas.

Kapendam Jaya Dwi Indra Wirawan menyampaikan, pengecekan ini dilakukan untuk melihat kesiapan personel yang melaksanakan pengamanan unjuk rasa oleh elemen buruh pada hari ini.

“Sesuai arahan Bapak Pangdam Jaya kepada personel TNI yang melaksanakan pengamanan Unras, agar tidak arogan, harus humanis dan tidak ada anggota yang membawa senjata tajam,” ujar Kapendam Jaya.

“Kita semua berharap para peserta Unras dalam menyampaikan tuntutannya tidak ada yang melakukan anarkis, sehingga pelaksanaan Unras dapat berjalan lancar dan aman,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini