Share

Peringati HUT Ke-57, Lemhannas Kembali ke Titik Nol

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 20 Mei 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 337 2597385 lemhannas-siapkan-metodologi-penghitungan-kapasitas-geopolitik-6zedyLOO56.jpg Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto (MNC Portal)

JAKARTA – Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyampaikan Lemhannas RI kembali ke 20 Mei yang ditetapkan sebagai titik nol Lemhannas RI. Pada 20 Mei 1965, Bung Karno menugaskan Lemhannas RI untuk menjadi sekolah geopolitik yang sadar bahwa pertarungan kekuatan antar negara-negara di dunia berpengaruh pada wilayah geografi Indonesia.

Oleh sebab itu, tahun ini Lemhannas RI mengangkat tema Transformasi Lemhannas RI: Ketahanan Nasional di Era Geopolitik 5.0.

Selama 57 tahun berdiri, Lemhannas terus berupaya agar kajian-kajian geopolitik yang diserahkan ke Presiden tetap relevan sehingga, dapat mengantisipasi kemunculan Perang Generasi V.

“Sekarang, Lemhannas harus melakukan transformasi institusional agar tetap relevan untuk menawarkan rekomendasi-rekomendasi kebijakan tentang proyeksi Geopolitik 5.0,” kata Gubernur Andi.

Pada Proyeksi Geopolitik 5.0, Lemhannas fokus pada lima kajian, yakni Konsolidasi Demokrasi, Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Transformasi Digital, dan Ketahanan Ibukota Nusantara.

Pada acara Puncak Peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Andi menegaskan bahwa seluruh anggota Lemhannas harus bergerak sebagai satu keluarga dan memulai kebangkitannya dari diri masing-masing.

“Hari ini saya ingin kembali menegaskan, bahwa kita harus bergerak sebagai satu keluarga. Anggaplah kami yang berdiri di depan Ibu Bapak sebagai kakak, mungkin beberapa dari Ibu Bapak harus menganggap Saya yang lebih muda sebagai adik. Minimal kita menjadi sahabat, kita menjadi teman baik, kita menjadi keluarga, kita menjadi guyub, kita mulai kebangkitannya dari diri kita sendiri,” kata Gubernur Andi saat memberikan sambutan Puncak Peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI di Lapangan Tenis Lemhannas pada Jumat (20/05).

Gubernur Andi menjelaskan perjalanan ulang tahun ke-57 Lemhannas Ri diawali dengan Ziarah ke Makam Bung Karno, kemudian dilanjutkan dengan lomba olahraga, bakti sosial donor darah, senam bersama, lomba tumpeng, dan beberapa lomba lainnya. Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk mempererat kekeluargaan para anggota Lemhannas.

“Acara-acara seperti ini penting untuk mempererat kekeluargaan kita,” kata Gubernur Andi.

Pada kesempatan itu, Gubernur Andi juga menyampaikan tiga butir pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate untuk Hari Kebangkitan Nasional. Butir pertama, Menkominfo mengingatkan agar bangsa Indonesia selalu ingat kembali dasar perjuangan kebangkitan nasional oleh Budi Utomo, sehingga sekarang kita berada sebagai satu bangsa, satu negara yang memegang teguh komitmen kepada NKRI.

BACA JUGA:Lemhannas Siapkan Metodologi Penghitungan Kapasitas Geopolitik 

Butir Kedua tentang upaya dan perjuangan keras bangsa Indonesia mengatasi Pandemi Covid-19 melalui terobosan-terobosan kebijakan untuk keluar dari krisis global Pandemi Covid-19.

“Butir kedua adalah tentang bagaimana kita sudah berusaha berjuang keras mengatasi pandemi covid 19, kita bersama-sama selama 2 tahun lebih melakukan terobosan-terobosan kebijakan, memastikan kita keluar dari krisis global pandemi covid-19, baik di sektor kesehatan, yang kemudian merambah ke sektor-sektor lainnya,” kata Gubernur Andi.

Menurut Gubernur Andi, saat ini Indonesia sudah berada di titik yang lebih terang tentang Pandemi. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, bahwa kita sudah sangat kuat, sehingga lebih percaya diri.

“Sekarang kita sudah berada di titik yang lebih terang tentang pandemi dan 2 hari lalu Presiden Jokowi sudah menyatakan bahwa pemulihan kita sudah sangat kuat sehingga sekarang kita lebih percaya diri, antara lain, yang sederhana di ruang terbuka tidak perlu menggunakan masker kesehatan lagi,” kata Gubernur Andi.

Butir ketiga, yaitu tentang KTT G20. Tahun ini KTT G20 berada dalam situasi yang unik, adanya pemulihan ekonomi Pandemi Covid-19 bersamaan dengan krisis yang terjadi di Rusia-Ukraina. Oleh sebab itu, Menkominfo meminta kita mengawal proses G20, sehingga Indonesia dapat berkontribusi untuk tumbuh dan pulih bersama sebagai salah satu bagian dari negara-negara di dunia.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Andi mengucapkan terima kasih atas kebersamaan dalam memperingati HUT ke-57 Lemhannas RI.

“Sekali lagi terima kasih atas kebersamaan kita pagi ini. Semoga ini pasti harus berlanjut. Selamat ulang tahun Lemhannas RI ke-57, dirgahayu untuk kita semua,” kata Gubernur Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini