Share

Konbes NU Digelar Terpisah dengan Munas Alim Ulama

Widya Michella, MNC Media · Kamis 19 Mei 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 337 2596839 konbes-nu-digelar-terpisah-dengan-munas-alim-ulama-czgXhObj4v.jpg Konbes NU (foto: dok NU Online)

JAKARTA - Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) akan digelar besok pada 20-22 Mei 2022. Konbes NU ini nantinya dilaksanakan terpisah dengan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama.

Hal tersebut dikarenakan, agenda utama Konbes akan lebih spesifik kepada tata kelola organisasi yakni memutuskan berbagai Peraturan Perkumpulan (Perkum) tentang sistem kaderisasi.

"Karena ini strategis dan spesifik, hanya Konbes, yang betul-betul akan melahirkan keputusan-keputusan yang bisa menjadi pegangan untuk pengelolaan organisasi ke depan,” kata Ketua Panitia Konbes NU 2022, Umarsyah dikutip dalam laman resmi NU Online, Kamis (19/5/2022)

BACA JUGA:Konbes PBNU Bakal Bahas 3 Hal, Salah Satunya Kebendaharaan dan Aset 

Umarsyah mengatakan, dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NU memang mewajibkan perkumpulan untuk melakukan Konbes dan Munas minimal dua kali dalam satu masa khidmah kepengurusan PBNU.

“Bisa saja Munas tersendiri sesuai kebutuhan yang jelas, kita tidak terpaku lagi Konbes dan Munas harus diselenggarakan secara bersamaan. Karena yang terpenting adalah segala persoalan bisa terjawab dengan baik dan sesuai dengan kadar masalahnya," kata dia

 BACA JUGA:PBNU Helat Konbes 20-22 Mei di Jakarta, Ini Sejumlah Pembahasannya

Konbes NU 2022, kata Umarsyah akan melibatkan dua komisi, yakni komisi tata kelola organisasi dan kaderisasi. Konbes NU nantinya akan dirangkai dengan halal bihalal seluruh pengurus PBNU beserta PWNU se-Indonesia dan dilanjut dengan agenda sidang-sidang hingga ditutup pada Sabtu (21/5/2022) malam.

Total peserta yang akan hadir diperkirakan sekitar 250 sampai 275 orang. Dimana peserta terdiri dari Anggota Pleno PBNU (mustasyar, syuriyah, a’wan, tanfidziyah, ketua-ketua lembaga dan badan khusus, serta ketua badan otonom) ditambah ketua dan sekretaris PWNU seluruh Indonesia.

“Peserta akan langsung menuju lokasi. Kita siapkan akomodasi, konsumsi, dan semua perlengkapan untuk sidang-sidang. Konbes ini tidak ada tamu undangan dari luar, kami hanya mengundang tokoh-tokoh internal saja,”pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini