Share

Meski Mobilitas Masyarakat Meningkat, Satgas Sebut Kasus Harian Covid-19 Menurun

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 18 Mei 2022 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2596309 meski-mobilitas-masyarakat-meningkat-satgas-sebut-kasus-harian-covid-19-menurun-crQjnn70GX.jpg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Dok Satgas Covid-19)

JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan, tren mobilitas yang meningkat saat ini usai libur Lebaran tak mempengaruhi tren kenaikan kasus.

Padahal, ia menjelaskan, sebelumnya jika tren mobilitas masyarakat meningkat, biasanya diikuti dengan kenaikan kasus kembali.

"Namun, saat ini mobilitas di Indonesia khususnya pada sektor retail dan rekreasi terus menunjukkan kenaikan sejak Maret lalu hingga sekarang. Kenaikan ini tidak diikuti dengan kenaikan kasus positif. Kasus positif harian tetap menunjukkan penurunan," ujar Wiku dalam jumpa pers secara daring, Rabu (18/5/2022).

Ia menjelaskan, meski mobilitas saat ini meningkat, penularan kasus positif Covid-19 tetap dapat ditekan bersama di tengah masyarakat.

"Ini adalah kabar baik yang penting untuk terus dipertahankan kedepannya," kata Wiku.

Selain itu, Wiku mengungkapkan, jika dilihat pada data kasus di tingkat nasional, Indonesia masih terus menunjukkan perbaikan pada indikator kasus aktif dan kesembuhan.

Sementara indikator kematian masih bertahan pada angka yang sama. Wikut mengatakan, angka kematian tersebut juga masih berada di angka rata-rata dunia di saat kasus aktif dan kesembuhan sudah berhasil lebih baik dibanding standar dunia.

"Tentunya kita tidak dapat memutar kembali waktu untuk mengembalikan nyawa orang-orang yang kita kasihi namun kita masih bisa mencegah agar penularan tidak terjadi sama sekali dan kematian dapat dihindari melalui kesadaran kita untuk menjalankan protokol kesehatan dan testing," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini