Share

Pemilu 2024, KPU Wajibkan Calon Peserta Sertakan LHKPN

Nur Khabibi, MNC Portal · Rabu 18 Mei 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2596241 pemilu-2024-kpu-wajibkan-calon-peserta-sertakan-lhkpn-DgSjldXznx.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari mengatakan akan kembali mewajibkan calon peserta Pemilu menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Untuk itu, ia mengingatkan bagi para calon peserta pemilu melaporkan harta kekayaan mereka ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Soal syarat calon, terutama berkaitan dengan surat keterangan LHKPN, ini komitmen-komitmen yang disiapkan oleh KPU," kata Hasyim di Kantor KPK, Rabu (18/5/2022).

 BACA JUGA:KPU Pastikan Kotak Suara Pemilu 2024 Masih Pakai Kardus

"Ini bukan sesuatu yang baru dalam beberapa pemilu terakhir, beberapa pilkada sudah dilakukan oleh KPU," ucapnya menambahkan.

Hasyim menjelaskan, hal itu berdasarkan UU terdapat amanah bahwa Pemilu harus diselenggarakan menggunakan azas demokratis dan integritas.

 BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, KPK Harap Parpol Jadi Benteng Terdepan Pencegahan Korupsi

Dengan begitu, akan terwujud pelaksanaan pemerintahan yang terbebas dari tindak pidana korupsi.

"KPU sebagai penyelenggara Pemilu, Kami berkomitmen dalam penyelenggaraan pemilu 2024 dan juga Pilkada 2024 sebagaimana komitmen kerja KPU dengan KPK, Bawaslu, dan Pemerintah untuk mensukseskan program pencegahan korupsi dan KKN Itu di antaranya yang sudah dilengkapi kerjasama dengan KPK untuk sosialisasi pendidikan pemilih dalam rangka untuk pencegahan korupsi," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini