Share

Ketua KPK : Cerdas Kalau Tidak Punya Integritas Bisa Saja Korupsi

Nur Khabibi, MNC Portal · Rabu 18 Mei 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2596130 ketua-kpk-cerdas-kalau-tidak-punya-integritas-bisa-saja-korupsi-jy0Nv6FOmh.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : MNC Portal)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penguatan antikorupsi bertajuk Politik Cerdas dan Berintegritas (PCB) Terpadu. Penguatan itu ditujukan untuk 20 partai politik (parpol) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Ketua KPK, Firli Bahuri, menjelaskan alasan memilih cerdas dan berintegritas karena jika orang hanya cerdas tidak cukup. Perlu integritas agar menghindarkan seseorang melakukan tindak pidana.

"Orang cerdas kalau sampai tidak punya integritas bisa saja melakukan praktik korupsi. Bahkan, kecerdasannya pun digunakan untuk mengakali perencanaan, pengesahan UU, termasuk juga pelaksanaannya. Itu bahaya," kata Firli kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, kasus korupsi di Indonesia sudah terlalu banyak. Ia menyebutkan, 1.389 pelaku korupsi yang sudah ditangkap, ditahan, dan divonis hakim.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sekarang bagaimana kita untuk kita menghentikan tidak terjadi korupsi. Penyebab korupsi itu sangat multi factor, karena faktor yang menyebabkan banyak, tentulah juga solusinya harus lebih kompleks. Orang melakukan korupsi karena keserakahan karena kesempatan karena kekuasaan karena ada kesempatan," ucapnya.

Untuk itu, Firli berharap, dengan digelarnya PCB Terpadu meningkatkan kesadaran untuk tidak melakukan korupsi bagi anggota partai politik (parpol). Karena tindak pidana tersebut menyengsarakan rakyat dan akan mengurangi hak-hak rakyat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini