Share

Hadir di Acara KPK, Partai Perindo: Korupsi Itu Kejahatan Kemanusiaan!

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 18 Mei 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2596101 hadir-di-acara-kpk-partai-perindo-korupsi-itu-kejahatan-kemanusiaan-HWSxFDAonR.jpg Ahmad Rofiq. (Foto: Arie Dwi)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen), Ahmad Rofiq, beserta jajaran hadir dalam acara program Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022 yang diinisiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini, Rabu (18/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Rofiq menyatakan bahwa kehadiran Partai Perindo dalam acara KPK sebagai bentuk penegasan perlawanan segala bentuk tindak pidana korupsi. Sebab, ditegaskan Rofiq, korupsi adalah salah satu bentuk kejahatan kemanusiaan.

"Memberi penegasan bahwa korupsi itu adalah kejahatan yang paling besar, kejahatan kemanusiaan, dan itu harus kita lawan, dan parpol itu kan menjadi bagian dari pintu utama dalam soal pengaplikasian anti-korupsi ini," kata Rofiq di Gedung Juang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu.

 Baca juga: Hary Tanoe Hadiri Penguatan Antikorupsi KPK, Bukti Keseriusan Perindo

Menurut Rofiq, partai politik mempunyai peran yang sangat besar dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Khususnya, di sektor politik. Sebab, partai politik merupakan pintu atau alat dalam membentuk sekaligus melahirkan pemimpin.

"Karena partai ini kan melahirkan dewan, melahirkan bupati, gubernur, bahkan presiden. Nah kalau partainya ini tidak ada transparansi, tidak melawan korupsi ini tentu akan berbahaya," ujarnya.

Rofiq menegaskan bahwa Partai Perindo mendukung penuh kegiatan Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022 KPK. Rofiq berjanji bakal mengimplementasikan hasil kegiatan dengan KPK hari ini, kepada kader Partai Perindo. Partai Perindo berkomitmen akan hal itu.

"Satu hal yang pasti bahwa Perindo akan mendukung penuh terhadap kebijakan ini program ini dan kita juga sudah sangat transparan dalam menjalankan semua proses ini misalkan kita juga melakukan rekruitmen caleg secara terbuka kita juga anti mahar dan segala macam, semua kita tunjukkan untuk demokrasi menjadi lebih baik," bebernya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sekadar informasi, KPK menggelar program Politik Cerdas Bertintegritas (PCB) terpadu 2022. PCB terpadu 2022 diawali dengan Executive Briefing kepada 20 pimpinan dan pengurus partai politik (parpol). Kegiatan berlangsung di Gedung Juang Merah Putih KPK, Rabu (18/5/2022).

Adapun, 20 parpol yang diundang tersebut adalah parpol peserta pemilu 2019 yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo). KPK berharap kepada program ini dapat mendorong komitmen integritas antar parpol untuk menciptakan pemilu 2024 yang bersih.

"KPK berharap melalui program ini dapat mendorong komitmen integritas dan meningkatkan kesadaran budaya antikorupsi bagi para pengurus parpol, serta dalam penyelenggaraan pemilihan umum. KPK juga mengajak internal parpol untuk melaksanakan rencana aksi dalam melakukan pembelajaran antikorupsi," kata Plt Juru Bicara bidang pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding melalui keterangan resminya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini