Share

Wapres: Jaga Silaturahmi Supaya Bangsa Tak Terpecah Belah di Tengah Gempuran Digitalisasi

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 18 Mei 2022 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2595798 wapres-jaga-silaturahmi-supaya-bangsa-tak-terpecah-belah-di-tengah-gempuran-digitalisasi-bT0s18gc9E.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong agar semua masyarakat menjaga silaturahmi. Dengan begitu, keutuhan bangsa yang menjadi sumber kekuatan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran teknologi dan digitalisasi yang dinamis.

“Perlu adanya upaya silaturahmi supaya bangsa ini tidak terpecah dan terbelah,” ucap Wapres saat menghadiri Silaturahim bersama Majelis Ulama Indonesia dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (18/5/2022).

Wapres menyebutkan bahwa bangsa Indonesia perlu menjaga akidah agar dapat terjaga dari pemikiran dan pemahaman yang dapat merusak keutuhan bangsa.

“Kita perlu menjaga umat, ini sesuai dengan perintah Allah. Pemimpin umat punya tanggung jawab untuk menjaga umatnya dari akidah yang menyimpang dari pemikiran dan pemahaman yang melenceng, berlebihan, atau ekstrem,” ungkap Wapres.

Baca juga: Wapres: Bangun Olahraga Berprestasi di Tingkat Dunia, Perlu Dimulai dari Sekolah

Selain itu, Wapres menekankan pentingnya peningkatan kemampuan umat di bidang ekonomi dan pendidikan, khususnya untuk menguatkan generasi penerus bangsa.

“Kita harus melakukan penguatan terhadap generasi penerus bangsa, terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Oleh karena itu, membangun ekonomi umat dalam upaya penguatan ini menjadi suatu keniscayaan,” ujarnya.

Baca juga: Wapres Ingatkan Menteri-menterinya: Tetap Fokus Bekerja, Tetap Fokus!

Lebih lanjut, Wapres menyadari adanya potensi pemecah belah bangsa karena adanya perbedaan pandangan dan kepentingan tertentu. Untuk itu, diperlukan silaturahmi nasional dalam membangun kesamaan pandangan, sehingga kesatuan dan keutuhan bangsa dapat tetap terjaga.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

“Kita harus bergerak dan berusaha menyatukan umat, menjaga silaturahmi, dan tidak boleh merusak ukhuwah, baik ukhuwah Islamiyah maupun ukhuwah wathaniyah. Untuk itu kita bangun silaturahmi yang tidak hanya kelompok atau terbatas, tetapi silaturahmi nasional,” tutur Wapres.

Wapres pun mengajak masyarakat untuk dapat saling bersinergi membangun dan menjaga keutuhan bangsa dengan senantiasa merawat kerukunan antarmasyarakat.

“Saya mengajak kita semua untuk kembali pada prinsip perjuangan, kembali semangat bekerja dengan sungguh-sungguh, agar semuanya berjalan dengan baik, rukun dan bersatu untuk membangun ukhuwah,” pungkasnya.

Baca juga: Ketika Wapres Ma'ruf Amin Berkunjung ke Pantai Jerman di Badung Bali

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini