Share

5 Desa yang Warganya Mendadak Kaya, di Tuban Salah Satunya

Tim Okezone, Okezone · Rabu 18 Mei 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2595783 5-desa-yang-warganya-mendadak-kaya-di-tuban-salah-satunya-NjV3TP6zJ9.jpg Warga desa ramai-ramai beli mobil (Foto : MPI)

JAKARTA - Ada desa yang penduduknya mendadak kaya dalam satu malam, yaitu di Desa Sumurgenung di Tuban, Jawa Timur, yang berbondong-bondong membeli mobil.

Warga desa tersebut membeli mobil tak ubahnya seperti membeli kacang goreng, setelah mereka mendapatkan dana ganti rugi dari pembebasan lahan untuk proyek kilang minyak.

Berikut adalah daftar 5 desa yang warganya mendadak kaya?

1. Desa Sumurgenung, Tuban

Keajaiban datang pada warga Desa Sumurgenung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Hal ini berawal dari ganti rugi uang pembebasan lahan untuk proyek kilang minyak antara Pertamina dan Rosneft, perusahaan minyak dan gas asal Rusia. Nominal uang yang diterima para warga fantastis dan variatif. Tidak tanggung-tanggung, ada yang mendapat Rp8 miliar hingga Rp24 miliar.

2. Desa Sekapuk, Gresik

Dulu miskin, sekarang Desa Sekapuk jadi desa kaya di Gresik. Kawasan yang menyimpan banyak bekas galian tambang batu kapur terbengkalai itu dimanfaatkan warga menjadi tempat wisata. Para warga dan pemerintah desa berpatungan untuk menyulap tebing sisa-sisa galian tambang jadi lokasi wisata alam. Spot-spot unik juga diletakkan di tempat itu, seperti Patung Gupala, Rumah Apung, miniatur Masjid Madinah, dan banyak lagi lainnya.

Sementara untuk 3 desa lainnya bisa Anda baca di tautan berikut ini:

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini