Share

DPR Bakal Cat Ulang Dome Gedung Nusantara, Anggarannya Rp4,5 Miliar

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 18 Mei 2022 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 337 2595766 dpr-bakal-cat-ulang-dome-gedung-nusantara-anggarannya-rp4-5-miliar-hBorN1q1YC.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Pengecatan dome Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura di kompleks parlemen memiliki alokasi anggaran Rp 4,560 miliar. Proses lelang tersebut diklaim telah sesuai prosedur dan bertujuan untuk menyambut serangkaian acara kenegaraan yang bakal digelar pada Agustus - Oktober 2022.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengklaim tender mengatakan, pengecatan atau waterproofing terhadap dome gedung perbaikan sejumlah komponen perlu dilakukan karena telah banyak yang rusak sejak terakhir diperbaiki tahun 2015. Perbaikan dan waterproofing dilakukan untuk mempersiapkan HUT RI bulan Agustus dan Kelompok Duapuluh atau G20.

"Kita melakukan kembali waterproofing untuk persiapan acara kenegaraan yang akan dilaksanakan pada 6 agustus itu nota APBN Pemerintah, Presiden. Kemudian tanggal 5-6 Oktober itu akan ada pertemuan G20 yang dihadiri 20 kepala parlemen dunia plus undangan 20 kepala parlemen dunia sekitar 40 ketua parlemen dunia pada 5-6 Oktober," kata Indra, Rabu (18/5/2022).

Dia menyebut bahwa anggaran yang disediakan dalam perbaikan dan waterproofing ini sebesar Rp4,560 miliar dengan luas dari atap tersebut sebesar 5208 Meter. Teknis bahan yang digunakan diklaim ramah lingkungan dengan mengacu pada green label.

"Pada saat ini kami dalam tahap proses pemilihan penyedia melalui lelang umum yang bertanggal 17 Mei telah dilaksanakan penjelasan dokumen," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia kemudian menerangkan proses waterproofing yang akan dilakukan dalam tiga tahapan yakni pengupasan lapisan waterproofing, perbaikan atap beton, dan pelapisan waterproofing. Pengupasan lapisan waterproofing di struktur bangunan dome Gedung Nusantara yang mengalami kerusakan.

Kemudian dilakukan perawatan berupa perbaikan menyeluruh di bagian bangunan yang rusak. Di tahapan terakhir, dilakukan waterproofing pada dome Gedung Nusantara.

"Setelah dilakukan pengupasan tadi, menelusuri kembali keretakan-keretakan pada bagian permukaan atap beton dan perbaikan treatment secara menyeluruh pada bagian yang rusak. Tahap ketiganya yaitu pelapisan waterproofing kedap air," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini