Share

Ditjen Imigrasi Ungkap Tak Ada Masalah dalam Paspor UAS dan Rombongan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595651 ditjen-imigrasi-ungkap-tak-ada-masalah-dalam-paspor-uas-dan-rombongan-47CqIsMlYf.jfif Ustadz Abdul Somad (Instagram/@ustadzabdulsomad_official)

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah memeriksa dan mengecek dokumen maupun paspor Ustadz Abdul Somad (UAS) beserta rombongan. Hasilnya, tidak ada masalah dalam paspor UAS dan rombongan yang pergi ke Singapura.

Demikian dipastikan Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Noer Saleh setelah Ustaz Abdul Somad dan rombongannya ditolak masuk ke Singapura pada Senin, 16 Mei 2022. Namun, Achmad mengaku belum tahu pasti alasan imigrasi Singapura menolak masuk UAS dan rombongannya.

"Tidak ada masalah dalam paspor mereka bertujuh, dari Imigrasi Indonesia sudah sesuai ketentuan. Alasan kenapa otoritas imigrasi Singapura menolak mereka itu sepenuhnya kewenangan dari Singapura, yang tidak bisa kita intervensi," kata Achmad melalui keterangan resminya, Selasa (17/5/2022).

Sekadar informasi, Ustaz Abdul Somad (UAS) dan rombongannya sebanyak enam orang dilarang masuk ke Singapura pada Senin, 16 Mei 2022. Bahkan, UAS dikabarkan sempat ditahan oleh otoritas keimigrasian Singapura sebelum pada akhirnya diminta kembali ke Indonesia.

Mulanya, UAS beserta keluarga dan sahabatnya berangkat dari pelabuhan Batam menuju Singapura pada Senin, 16 Mei 2022 sekira pukul 12.50 WIB. UAS beserta rombongan berangkat ke Singapura menggunakan Kapal MV Brilliance of Majestic.

Setiba di Singapura, Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau otoritas imigrasi dan pemeriksaan Singapura menolak masuk (denied entry) UAS dan enam orang lainnya. Mereka ditolak masuk dengan alasan tidak memenuhi syarat untuk berkunjung ke Singapura.

Kemudian, UAS beserta enam orang lainnya langsung kembali ke Indonesia. UAS dilaporkan kembali di TPI Batam Center pada pukul 18.10 WIB. Petugas Imigrasi Batam kemudian melakukan pemeriksaan terhadap UAS dan enam orang lainnya itu.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi dari Duta Besar (Dubes) Singapura untuk Indonesia soal penahanan serta tidak diizinkan UAS beserta rombongannya untuk masuk ke Singapura. Pun demikian alasan tidak diizinkannya UAS masuk Singapura.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini