Share

5 Daftar Angin Puting Beliung Terparah di Indonesia, Terbangkan Atap hingga Pohon Tumbang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 18 Mei 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595574 5-daftar-angin-puting-beliung-terparah-di-indonesia-terbangkan-atap-hingga-pohon-tumbang-xbP26sSX0j.jpg Ilustrasi angin puting beliung (Foto: Antara)

JAKARTA - Tidak hanya fenomena gelombang panas yang menyita perhatian akhir-akhir ini, tapi juga angin puting beliung yang melanda berbagai kawasan di Indonesia. Dilansir dari pustadaru.jatengprov.co.id, angin puting beliung diartikan sebagai angin kencang yang memiliki kecepatan 120 km/jam atau lebih. Bencana ini sering terjadi di wilayah tropis antara garis balik utara dan selatan, yang disebabkan oleh perbedaan tekanan suatu sistem cuaca. Berdasarkan data BNPB, sejak Januari hingga November 2021, bencana puting beliung di Indonesia terjadi sebanyak 677 kali. Berikut ini daftar bencana puting beliung terparah yang pernah terjadi di Indonesia.

1. 10 Mei 2022

Terjadi bencana angin puting beliung pada Selasa (10/5/2022) di Gunung Kencana, Lebak Banten. Kejadian ini menyebabkan hampir 80 rumah warga dan sekolah rusak. Angin puting beliung menerjang Kawasan Kampung Pasar, Lebaksiuh, Kampung Dederan, dan Kampung Gunungbilu, Desa Gunung Kencana, Lebak, Banten. Seorang warga bersaksi melihat angin berputar-putar di atas gedung SDN I Gunung Kencana dan menerbangkan atap sejauh 100 km. Kejadian ini membuat para warga cemas.

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Cipamokolan Bandung, Atap Rumah Beterbangan dan Orang Berlarian Selamatkan Diri

2. 9 Mei 2022

Sehari sebelumnya, pada Senin (9/5/2022) angin puting beliung juga menyapu wilayah Subang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, mencatat 21 titik yang terkena dampak terjangan puting beliung, dengan lokasi terparah berada di Kecamatan Cibogo dan Kecamatan Subang Kota. Bencana tersebut menyebabkan puluhan pohon tumbang dan menimpa jalan serta rumah warga. Sebanyak enam rumah mengalami rusak berat dan belasan rumah mengalami rusak ringan. Terdapat tujuh orang yang mengalami luka-luka. Korban adalah dua pengendara di jalan raya dan lima mahasiswa dari kampus di Subang. Beruntung, para korban hanya mengalami luka ringan. Disinyalir, peristiwa angin puting beliung di wilayah ini menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Bandung, Ini Penjelasan BMKG

3. 6 April 2022

Desa Grogol dan Sudimoro, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo diterpa angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan pada 23 rumah warga. Angin juga membuat satu tiang listrik, tiga pohon, satu fasilitas umum, dan satu tempat usaha roboh. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan listrik yang padam akibat pohon tumbang pun sudah menyala kembali setelah pohon tumbang tersebut dievakuasi. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor memastikan pemerintah daerah akan memberikan bantuan perbaikan berupa material bangunan.

4. 21 September 2021

Pada tahun 2021 lalu, tepatnya Selasa (21/9/2021), peristiwa angin puting beliung terparah terjadi di wilayah Depok, Jawa Barat. Setidaknya ada 27 titik yang terkena dampak angin puting beliung, berdasarkan laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok. Terjangan angin membuat pohon dan papan reklame tumbang. Data Dinas Sosial menunjukkan terdapat 613 jiwa yang rumahnya menjadi korban. Angin puting beliung menerbangkan atap rumah di 10 kelurahan dan 6 kecamatan di Kota Depok.

5. 26 Juni 2021

Kampung Kebon dan Kampung Karya Bakti di wilayah Pandeglang, Banten mengalami terjangan angin puting beliung pada Sabtu (26/6/2021). Laporan dari Taruna Siaga menyebut sebanyak 50 rumah warga mengalami kerusakan, di antaranya 24 rumah rusak di wilayah Kampung Kebon, Desa Panimbangjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, dan 26 rumah rusak lainnya ada di wilayah Kampung Soge Karya Bakti, Panimbangjaya. Tidak ada korban jiwa, namun terdapat kerugian materi berupa kerusakan atap yang terbang dibawa angin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini