Share

4 Tokoh KKB/Teroris Papua yang Berhasil Ditembak Mati Aparat

Maria Alexandra, Litbang Okezone · Rabu 18 Mei 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595552 4-tokoh-kkb-teroris-papua-yang-berhasil-ditembak-mati-aparat-INhFj6hCfJ.jpg KKB Papua/Teroris (Foto: Dokumentasi KKB Papua)

JAKARTA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan kelompok yang mendiami wilayah Papua dan kerap menebar teror kepada warga, TNI, maupun Polri. KKB Papua memiliki keinginan agar Papua melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Awalnya KKB ini bernama OPM atau Organisasi Papua Merdeka. Karena tujuannya tersebut, KKB termasuk ke dalam gerakan kelompok separatis yang mengancam keutuhan negara.

KKB sulit dikendalikan karena memiliki pesenjataan yang lengkap dan mumpuni. Berbagai pemberontakan dan teror yang mereka lakukan, mengharuskan aparat terjun langsung menghadapinya agar keamanan dan ketertiban terpelihara. Tak jarang terjadi bentrokan antara aparat dengan KKB berujung pada tewasnya tokoh KKB. Berikut tokoh-tokoh KKB Papua yang berhasil dilumpuhkan oleh aparat.

Baca juga: Pesawat Kargo Asian One Diberondong Tembakan oleh KKB, Belum Diketahui Ada Korban Jiwa

1. Toni Tabuni

Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz menembak mati Toni Tabuni pada Selasa (29/3/2022). Toni Tabuni merupakan pimpinan KKB Ndeotadi Kabupaten Paniai. Sebelumnya diketahui ia melawan ketika penyergapan sehingga harus diberikan tindakan tegas terukur. Penangkapan Toni tersebut didasarkan pada Laporan Polisi Nomor : 14-A/V/2020/PAPUA/RES PANIAI, pada 16 Mei 2020. Ia juga telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang DPO/01/V/2020/Reskrim (Curas).

Baca juga: 2 Personel Korban Penembakan di Gereja Papua Dievakuasi ke Jayapura

Sebelum penangkapan dan penembakan, personel Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz menyelidiki dan melakukan profiling terkait lokasi Toni Tabuni. Setelah penembakan, jenazah Toni Tabuni lantas dibawa ke RS Nabire untuk dilakukan visum.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Toni Tabuni diduga terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua yang mengakibatkan Kabinda Papua gugur. Kabinda tersebut ialah Mayjend (Anm) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha yang gugur di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

2. Ali Teu Kogoya

Ali Teu Kogoya merupakan anggota KKB yang tewas dalam aksi tembak bersama Satgas Operasi Damai Cartenz pada (3/4/2022). Aksi tembak itu berlangsung di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Ali terpaksa ditembak karena ia berusaha melawan dan menembak petugas ketika hendak ditangkap. Saat itu Ali membawa sepucuk senjata api jenis FN 46 AK dengan nomor seri EA 152077 dan berisi dua butir peluru di dalam magasen. Jenazah Ali lantas langsung dibawa ke Puskesmas Ilaga dan petugas segera mengamankan barang bukti.

3. Lesmin Waker

Lesmin Waker merupakan komandan pasukan pintu angin Kelompok Bersenjata (KKB) Lekagak Telenggen. Ia ditembak mati oleh pasukan gabungan TNI-Polri. Kejadian bermula saat adanya kontak tembak pada Rabu, 12 Mei 2021 pukul 07.25 antara OPM pimpinan Lerimayu Telenggen dengan pasukan Nanggala, YR 500 dan Pinang Sirih. Dari aksi kontak tembak tersebut, dua kelompok kriminal bersenjata OPM tewas. Aparat pun menemukan beberapa barang bukti milik Lesmin Waker yaitu helm militer, senjata tajam, panah, ponsel dan dokumen.

4. Selon Songonau

Selon Songonau merupakan anggota KKB yang tewas dalam kontak senjata di Sugapa Intan Jaya. Kontak senjata itu berlangsung antara pihak TNI dengan kelompok KKB, pada Rabu (17/11/2021). Peristiwa ini terjadi di Kampung Wandoga, Distrik Sugapa. Setelah terjadi aksi kontak senjata, aparat berhasil memastikan kondisi keamanan di Sugapa Intan Jaya. Meskipun masyarakat sudah bisa beraktivitas normal kala itu, namun aparat tetap bersiaga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini