Share

Keluhan Napi Harus Didengar, Jangan Sampai Stres dan Ulangi Perbuatannya

Lukman Hakim, Koran SI · Selasa 17 Mei 2022 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595549 keluhan-napi-harus-didengar-jangan-sampai-stres-dan-ulangi-perbuatannya-Ra85AHp3JG.jpg Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji (Foto : MPI)

SIDOARJO - Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji meminta jajarannya untuk lebih mendengarkan keluhan para narapidana (napi) yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) maupun rumah tahanan (rutan).

Dia berharap para petugas lapas bisa 'menyembuhkan' para narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP). Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan dari hati ke hati.

"Petugas harus banyak mendengar keluhan dari narapidana, jangan sampai mereka stres.Jangan sampai mereka kambuh dan mengulangi perbuatannya," pesan Zaeroji saat mengunjungi Lapas Klas I Surabaya, di Porong, Sidoarjo, Selasa (17/5/2022).

Mantan Sekretaris Ditjen Imigrasi itu juga meminta jajarannya untuk mengoptimalkan pembinaan. Dia mencontohkan pembinaan industri meubelair yang sudah merambah pasar ekspor.

Menurutnya, pihak lapas harus mendorong warga binaannya untuk aktif ikut pembinaan dan meningkatkan keterampilannya. "Sehingga ketika di dalam, mereka punya kesibukan, ketika bebas mereka sudah punya bekal," ujarnya.

Selain itu, dia berharap para petugas bisa menjaga keamanan lapas. Masalah yang ada harus bisa diselesaikan. Kekompakan menjadi hal penting yang harus diutamakan. "Petugas harus tanggap, ketika ada potensi risiko, segera laporkan dan cari jalan keluar," jelasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Terakhir, dia meminta jajarannya untuk terus berinovasi. Karena tuntutan dari masyarakat sangat dinamis. Yaitu dengan mulai memperhatikan hal-hal kecil di sekitar.

"Jangan terlena dengan predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) atau WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), terus berinovasi dan berikan yang terbaik untuk masyarakat," pesannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini