Share

Kartini Perindo Minta Orangtua Waspadai Hepatitis Akut yang Menyerang Anak-anak

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595528 kartini-perindo-minta-orangtua-waspadai-hepatitis-akut-yang-menyerang-anak-anak-O2rUODPkYb.jpg Waketum Kartini Perindo Ratih Gunaevy (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Penyakit hepatitis akut saat ini mulai muncul di Indonesia dan menginfeksi anak-anak. Potensi penularan penyakit yang masih menjadi misteri ini harus diwaspadai karena tidak hanya menyebabkan kematian kepada balita, namun juga menyerang orang dewasa.

"Penyakit hepatitis ini memang masih menjadi hal yang misterius , karena belum adanya jawaban yang pasti apa penyebabnya dan kenapa menjadi rawan sekali kepada anak-anak usia di bawah 16 tahun dan balita," kata Wakil Ketua Umum DPP Kartini Perindo Ratih Gunaevy di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Ratih menjelaskan umumnya masyarakat mengenal hepatitis akut berat sebagai penyakit peradangan liver/hati yang terjadi dalam waktu cepat (akut) dan dapat membahayakan nyawa. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Namun, ia berpesan kepada orangtua untuk selalu waspada akan serangan penyakit hepatitis misterius ini yang kerap menyerang anak-anak.

"Dalam hal ini, ada beberapa gejala yang harus diwaspadai," ujarnya.

Gejala tersebut, kata dia, munculnya warna kuning pada kulit dan putih pada bagian mata, urine berwarna seperti teh, terasa mual dan muntah mendadak, diare serta nyeri perut.

"Bila timbul gejala tersebut, segera memeriksakan diri ke dokter," pesan Ratih.

Agar terhindar dari serangan penyakit hepatitis akut, Ratih menyarankan agar orang tua rutin memberikan edukasi kepada anak-anaknya dengan melakukan pencegahan seperti mencuci tangan usai beraktivitas, serta makan dan minum di tempat yang bersih.

Juga membuang popok bekas pakai pada tempatnya, menggunakan alat makan sendiri dan selalu menggunakan masker serta menjaga jarak.

"Semoga kita bisa segera mengatasi penyakit tersebut, selalu waspada dan mulailah mengedukasi anak kita tentang penyakit tersebut," imbuh Ratih.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini