Share

KPK Fasilitasi Penyidik KLHK Periksa Bupati Nonaktif Langkat Terbit Rencana

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 337 2595335 kpk-fasilitasi-penyidik-klhk-periksa-bupati-nonaktif-langkat-terbit-rencana-JCxk5uL1M2.jpg Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin. (Foto: Antara)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memeriksa Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin (TRP), hari ini.

Terbit Rencana bakal diperiksa oleh tim penyidik KLHK terkait temuan berbagai satwa langka yang dilindungi di kediamannya. Pemeriksaan terhadap Terbit Rencana bakal digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

"Hari ini, bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik KPK memfasilitasi pemeriksaan tersangka TRP sebagai salah satu pihak yang akan diperiksa oleh tim penyidik PNS pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (17/5/2022).

Baca juga: Cari Bukti Tambahan Suap Walkot Ambon, KPK Geledah Kantor SKPD

KPK mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh apara penegak hukum lainnya. Termasuk soal dugaan pelanggaran hukum Terbit Rencana Perangin Angin. Salah satu dukungan KPK yakni dengan memfasilitasi pemeriksaan Terbit Rencana Perangin Angin.

"Fasilitasi ini sebagai wujud dukungan KPK dalam penanganan perkara oleh penegak hukum," jelas Ali.

Diketahui sebelumnya, penyidik KPK sempat menemukan satwa yang dilindungi Undang-Undang (UU) saat menggeledah Rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin (TRP), pada Selasa, 25 Januari 2022. Satwa yang dilindungi tersebut diduga milik Bupati Langkat.

Penyidik KPK kemudian berkoordinasi dengan pihak yang berwenang terkait temuan satwa dilindungi tersebut untuk ditindaklanjuti. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kemudian menindaklanjuti temuan berbagai satwa langka yang dilindungi tersebut.

Terbit Rencana Perangin Angin merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Langkat. Ia juga tersangkut masalah hukum lainnya yakni, terkait dugaan perbudakan modern terhadap para pekerja sawit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini