Share

Setianya Istri Gajah Mada di Tengah Murkanya Pasukan Majapahit

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Mei 2022 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 337 2595088 setianya-istri-gajah-mada-di-tengah-murkanya-pasukan-majapahit-td6tNol71S.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com/Istimewa)

PERNIKAHAN Raja Majapahit Hayam Wuruk dengan Dyah Pitaloka Citraresmi gagal dan mengundang petaka. Patih Gajah Mada pun dituduh sebagai biang keladi kegagalan pernikahan dengan putri Raja Sunda.

Gajah Mada pun jadi bulan-bulanan petinggi Kerajaan Majapahit yang menyalahkannya. Dikutip dari buku ‘Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan’ karya Enung Nurhayati, Raja Wengker yang didukung oleh Raja Koripan melakukan pengepungan terhadap rumah Gajah Mada dengan mengerahkan bala tentaranya.

Di rumah Gajah Mada, tak ada satupun yang berani keluar. Istri Gajah Mada dikisahkan bahkan sampai gemetar ketakutan, mendengar sorak bala tentara yang mengepung rumahnya. Ia membujuk Gajah Mada untuk menyerahkan diri.

Namun permintaan itu tak diterima oleh Gajah Mada, alhasil bala tentara tersebut kian beringas. Mereka merusak pagar pekarangan dan masuk halaman rumah.

Saat itu juga Patih Gajah Mada yang menggunakan celana geringsing, berselubung kain putih, bersabuk atramaksi, berdiri di tengah halaman, bersemedi. Seketika itu Patih Gajah Mada yang dikenal karena kesaktiannya menghilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini