Share

Kronologi Kebakaran Kilang Minyak di Balikpapan Sebabkan Satu Orang Meninggal

Mukmin Azis, iNews · Minggu 15 Mei 2022 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 15 337 2594637 kronologi-kebakaran-kilang-minyak-di-balikpapan-sebabkan-satu-orang-meninggal-kiSuf5f44p.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan Ely Chandra mengungkapkan kronologi kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5/2022) pukul 11.00 Wita.

Insiden itu mengakibatkan 6 pekerja kontraktor menjadi korban. Sebanyak 1 dari 6 korban dilaporkan meninggal dunia. Korban yang gagal dievakuasi saat kejadian tersebut merupakan pekerja kontraktor.

Di samping itu, Kilang Balikpapan menyatakan tiga korban yang  merupakan pekerja Pertamina telah mendapat perawatan medis secara optimal di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan. Sementara dua pekerja kontraktor lainnya yang terpapar panas dalam kondisi baik setelah selesai menjalani perawatan di Klinik Pertamina Panorama.

Baca juga:  Breaking News: Kilang Minyak di Balikpapan Terbakar, 1 Meninggal 5 Terluka

Mengenai detil insiden, Ely membeberkan bahwa api pertama kali muncul di area plant 5 yakni Unit Hydro Skimming Complex. Lokasi tersebut merupakan tempat mengolah bahan baku gasoline.

Kobaran api menurutnya baru berhasil dikendalikan tim pemadam sekitar pukul 11.31 Wita.

‚ÄúSaat ini tim internal terus melakukan upaya recovery agar segera kembali beroperasi maksimal. Alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan¬†Pertamina¬†Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat,‚ÄĚ pungkas Ely.

Untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku yang dikhawatirkan terdampak kejadian ini, Kilang Balikpapan akan melakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini