Share

Sirkulasi Siklonik Terpantau di Indonesia, Berikut Prakiraan Cuaca di 34 Kota Besar

Kiswondari, Sindonews · Sabtu 14 Mei 2022 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 14 337 2593977 sirkulasi-siklonik-terpantau-di-indonesia-berikut-prakiraan-cuaca-di-34-kota-besar-7J0PQ9OhKX.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hasmororini Sulistami mengatakan, bahwa sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Banda, dan daerah konvergensi yang terpantau memanjang di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Laut Filipina, Samudera Fasifik di bagian utara Papua Barat hingga Laut Arafuru sampai Papua. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi meningkatnya potensi awan hujan dan cuaca pada Sabtu (14/5/2022).

“Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda, daerah konvergensi terpantau memanjang di Bengkulu dari Jateng hingga Jabar, dari Kalteng hingga utara Kaltara, Sulawesi bagian tengah. Laut Sulawesi, laut Filipina, dari Papua Barat hingga Samudera Fasifik utara Papua Barat, dan dari Laut Arafuru hingga Papua,” kata Hasmororini dalam keterangannya.

 BACA JUGA:Cuaca saat Weekend, Jakarta Diprakirakan Akan Diguyur Hujan pada Siang Hari

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut. Bagaimana kondisi cuaca di kota-kota besar di Indonesia pada Sabtu, 14 Mei 2022,” sambungnya.

BMKG pun memberikan ramalan cuaca di 34 kota besar di Indonesia yang berpotensi berawan hingga hujan sedang pada esok hari. Untuk wilayah Sumatera, Medan berpotensi hujan sedang; Banda Aceh, Pekanbaru dan Tanjung Pinang hujan ringan; Pangkal Pinang, Bengkulu, Padang dan Bandar Lampung berawan; dan Jambi serta Palembang diprakirakan berkabut.

 BACA JUGA:Warganet Keluhkan Cuaca Panas hingga Trending Topic, Tembus 34 Ribu Lebih Tweet

“Kita mulai dari pulai Sumatera, potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di wilayah Medan, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Banda Aceh, Pekanbaru dan Tanjung Pinang, wilayah Pangkal Pinang esok hari diprakirakan berawan. Wilayah Bengkulu, Padang dan Bandar Lampung esok hari diprakirakan berawan, serta wilayah Jambi dan Palembang diprakirakan berkabut,” paparnya.

Kemudian di Pulau Jawa, Hasmororini meminta masyarakat perlu waspada adanya potensi hujan dengan intensitas lebat yang diprakirakan terjadi di wilayah Bandung dan hujan dengan intensitas ringan yang diprakirakan terjadi di wilayah Jakarta dan Semarang. Sementara Serang, Yogjakarta dan Surabaya esok hari diprakirakan berawan.

Adapun Kalimantan, kata Hasmororini, secara umum wilayah Kalimantan esok hari diprakirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Kecuali wilayah Pontianak esok hari diprakirakan berawan.

Untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara, kata Hasmororini, secara umum kondisi cuaca esok hari di wilayah Denpasar, Kupang dan Mataram diprakirakan berawan. Di Pulau Sulawesi, potensi hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi wilayah Manado, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Palu, Mamuju dan Gorontalo. Sedangkan wilayah Makassar dan Kendari pada esok hari diprakirakan berawan.

Dan wilayah timur Indonesia, dia menambahkan, potensi hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Ambon, dan hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Ternate dan Manokwari. Sementara Jayapura diprakirakan berawan.

“Kami imbau kepada sobat BKMG untuk selalu update informasi cuaca melalui laman www.bmkg.go.id atau sobat juga dapat mengunduh aplikasi info BMKG baik di AppStore dan playstore,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini