Share

Bikin Merinding! Ini Deretan Kota-Kota Paling Berbahaya di Dunia

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Sabtu 14 Mei 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 337 2593851 bikin-merinding-ini-deretan-kota-kota-paling-berbahaya-di-dunia-Pg9v3NgPMe.jpg Ledakan bom di Karachi. (Foto: Xinhua via Antara)

BERKUNJUNG ke kota-kota di luar negeri terlihat sangat mengasyikkan. Apalagi, jika kota tersebut memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan warganya.

Rupanya, ada kota-kota di dunia yang justru berbahaya dan mengancam keselamatan.

Berikut 4 kota paling berbahaya di dunia:

1. Tijuana, Meksiko

Menurut data yang dihimpun dari laman Statista, Tijuana adalah kota di Meksiko yang sangat berbahaya. Bagaimana tidak, tingkat pembunuhan yang terjadi di kota itu mencapai 138 kasus per 100 ribu penduduk. Tingkat peredaran obat-obatan terlarang di Tijuana juga sangat masif. Tak jarang, para gembong narkoba melakukan tindak kekerasan terhadap warga sekitar.

Kota yang berada di wilayah Meksiko Utara ini awalnya adalah bekas tanah peternakan yang dihibahkan pada tahun 1862. Tijuana kemudian dikembangkan menjadi pusat kasino dengan banyak resor atau tempat penginapan.

Pada abad ke-20, kota ini menjadi pintu gerbang turis asal California, Amerika Serikat yang ingin berplesiran ke Meksiko. Kasus kriminal yang cukup tinggi di Tijuana membuat kota tersebut mendapat predikat sebagai kota berbahaya dan kurang memberikan rasa aman bagi wisatawan.

2. Caracas, Venezuela

Sebanyak 99,8 kasus pembunuhan per 100 ribu orang terjadi di Caracas, Venezuela di tahun 2022. Hingga saat ini, Caracas masuk dalam daftar kota di dunia yang berbahaya. Pemerintah Kanada bahkan memberikan peringatan dini kepada warganya yang ingin mengunjungi Caracas. Melansir laman resmi Pemerintah Kanada, berbagai kejahatan yang ada di Caracas adalah pembunuhan, pembajakan mobil, perampokan dengan senjata tajam, dan penculikan.

Kelompok kriminal juga dikabarkan sering kali melakukan kekerasan kepada penduduk lokal. Wisatawan diimbau untuk tidak mendatangi wilayah padat penduduk atau permukiman kumuh di Caracas, terutama yang berada di bagian barat dan timur kota itu.

Selain rasa tidak aman, Caracas juga merupakan salah satu kota yang minim memberikan rasa nyaman. Hal itu terbukti dari seringnya pemadaman listrik selama berhari-hari di Caracas. Akibatnya, layanan umum seperti pasokan air, fasilitas kesehatan, dan transportasi sangat terdampak.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

3. Karachi, Pakistan

Sebuah kota di Pakistan bernama Karachi juga merupakan kota yang cukup berbahaya. Utamanya, bagi kaum perempuan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Sumber Daya Perkotaan Karachi, sebagaimana melansir Sindonews, sebanyak 55% perempuan di kota itu mengalami pelecehan seksual saat harus menggunakan kendaraan umum (terutama bus). Menanggapi hal itu, Pemerintah kota Karachi resmi meluncurkan layanan taksi merah jambu untuk menekan angka pelecehan bagi perempuan.

Selain itu, Karachi juga mempunyai reputasi sebagai kota yang penuh kekerasan lantaran menjamurnya geng atau komunitas yang melakukan kekerasan. Beberapa tahun belakangan ini, jumlah polisi semakin meningkat sehingga diharapkan dapat membantu menanggulangi tindak kekerasan itu.

4. New Delhi, India

Kota selanjutnya di dunia yang berbahaya adalah New Delhi, India. Mengutip informasi yang diberikan oleh Business Standard, tingkat kejahatan di kota ini, utamanya menyasar perempuan, sebanyak 129,1 per 100 ribu penduduk. Hal itu menyebabkan Delhi menjadi kota paling tidak aman bagi perempuan. Angka tersebut juga dua kali lebih besar dibandingkan dengan kasus kejahatan terhadap perempuan yang ada di kota Mumbai, Indore, dan Pune.

Diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini