Share

Sebelum ke GBK, Buruh Bakal Demo di Gedung DPR

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 13 Mei 2022 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 337 2593799 sebelum-ke-gbk-buruh-bakal-demo-di-gedung-dpr-JuiQRPJ86A.jpg Ilustrasi demo buruh (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Partai Buruh dan Gerakan Buruh Indonesia rencananya bakal menggelar Puncak Hari Buruh atau May Day Fiesta 2022 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 14 Mei 2022. Aksi puncak direncanakan dimulai pada siang hari.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal menuturkan, pihaknya akan menggelar aksi terlebih dulu di Gedung DPD-MPR. Aksi tersebut akan berlangsung selama 2 jam saja sejak pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

"Ada dua kegiatan, pertama pada jam 10 00-12.00 WIB dilakukan aksi unjuk rasa di DPR RI. Sedangkan yang kedua, pada jam 13.00-17.30 WIB berupa May Day Fiesta di GBK," ujar Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

BACA JUGA:Aksi May Day Digelar di GBK Besok, Berikut 18 Tuntutan Buruh 

Disampaikannya, dalam kegiatan 14 Mei, jumlah massa yang tadinya 100 ribu akan dikurangi menjadi 50 ribu orang yang berasal dari DKI, Jabar, dan Banten. Hal itu dikarenakan harus memenuhi ketentuan protokol kesehatan

"Salain kegiatan di Jakarta, secara bersamaan, juga akan dilakukan aksi serempak di berbagai daerah, yaitu sekitar 20 ribu buruh di Surabaya, 5 ribu buruh di Semarang, 15 ribu buruh di Batam, 5 ribu buruh di Medan," katanya.

Menurut dia, puluhan ribu buruh lain tersebar di kota-kota industri seperti Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makasar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, dan Ternate.

Dia menjelaskan, dalam acara May Day Fiesta yang diselenggarakan di GBK, akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain.

BACA JUGA:Demo May Day Dihadiri 60 Ribu Buruh, Polda Metro Pastikan Kesiapan di GBK 

Dari serikat buruh Internasional adalah Sekjend ITUC Sharan Burraw, Sekjend ITUC AP Shoya Yoshida, Presiden DGB, Konfederasi Serikat Buruh Brasil, Konfederasi Serikat Buruh Australia, Konfederasi Serikat Buruh Finlandia.

"Sedangkan dari Partai Buruh dari negara lain adalah Partai Buruh Brasil, Australia, dan Finlandia," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini