Share

Tegas! MUI Larang Promosikan Kaum LGBT di Semua Media

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 13 Mei 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 337 2593511 tegas-mui-larang-promosikan-kaum-lgbt-di-semua-media-OCP5i9wPuI.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) melarang promosi lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di ruang publik melalui media.

(Baca juga: Kisah Dusun Legetang Luluh Lantak Akibat 'Tanah Terbang' Gunung Pengamun-Ngamun)

Wakil Ketua Komisi Infokom MUI, Idy Muzayyad mengatakan, promosi LGBT jelas melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS) KPI tahun 2012.

Larangan tersebut sebagai bentuk perlindungan terhadap anak dan remaja yang rentan menduplikasi perilaku menyimpang LGBT.

Karenanya, baik televisi maupun radio, tidak boleh memberikan ruang yang dapat menjadikan perilaku LGBT itu dianggap sebagai hal yang lumrah.

(Baca juga: Kisah Tragis Dusun Sodom di Banjarnegara yang Lenyap dalam Semalam)

"Aturan dalam P3 & SPS itu sudah jelas, baik tentang penghormatan terhadap nilai dan norma kesusilaan dan kesopanan, ataupun tentang perlindungan anak dan remaja yang melarang adanya muatan yang mendorong anak dan remaja belajar tentang perilaku tidak pantas dan/atau membenarkan perilaku tersebut,"kata Idy dikutip dalam laman resmi MUI, Jumat,(13/05/2022).

Mantan Wakil Ketua KPI Pusat Periode 2013-2016 mengatakan dalam Undang-undang penyiaran juga menegaskan bagaimana tujuan penyelenggaraan penyiaran.

"Salah satunya untuk terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa," kata Idy Muzayyad.

"Spiritnya adalah promosi LGBT melalui semua media harusnya dilarang, karena tidak sesuai dengan nilai-nilai agama yang universal,"ujarnya.

"Sementara Pancasila dan undang-undang terkait jelas menyebut kata ketuhanan, keamanan serta ketaatan pada nilai agama,”tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini