Share

Podcast Aksi Nyata, Politikus Perindo Beberkan Tugas Wakil Ketua Dewan Kota Jakpus

Bachtiar Rojab, MNC Media · Kamis 12 Mei 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 337 2593288 podcast-aksi-nyata-politikus-perindo-beberkan-tugas-wakil-ketua-dewan-kota-jakpus-wmitr3CrO5.JPG Politikus Partai Perindo Nasirman Chaniago (Foto: MPI)

JAKARTA - Podcast Aksi Nyata yang dipandu langsung oleh host kondang Herjuno Syaputra turut menghadirkan Wakil Ketua Dewan Kota, sekaligus Politisi Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yakni, Nasirman Chaniago. Acara tersebut, bertajuk 'Pandemi Belum Berakhir, PPKM Kembali Diperpanjang'.

Nasirman mengatakan, masyarakat kerap tidak mengetahui peran Dewan Kota di tiap daerahnya masing-masing. Padahal, Dewan Kota merupakan mitra Walikota dalam setiap penyelenggaraan pemerintahaan.

"Karena tugas walikota ini cuman tiga, Pemberdayaan, Pelayanan dan Pembangunan. Inilah yang menjadi ruang lingkup Dewan Kota. Untuk memandu Pak Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan itu," ujar Nasirman di Podcast Aksi Nyata, Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, Nasirman menuturkan, adanya kebijakan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tiap kota juga terdapat peran Dewan Kota di dalamnya. Sehingga, kasus Covid-19 bisa terurai dengan baik.

"Termasuk program pemerintah yaitu PPKM ini. Itu adalah bagian dari kita juga untuk mensosialisasikan kebijakan. Kepada masyarakat, kepada komiditas komoditas yang ada, Sehingga proses program pemerintah itu bisa berjalan dengan efektif," jelasnya.

Menurut Nasirman, selain sebagai Mitra bagi pemerintahan, Dewan Kota layaknya terbagi peran menjadi dua. Yakni, turut hadir di masyarakat namun bersinggungan langsung dengan pemerintahan.  

"Berarti tugasnya adalah mensosialisasikan kebijakan pemerintah, kemudian menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah jadi separuh jiwanya di masyarakat dan separuh jiwanya di Pemda. Ada dua kaki," terangnya.

Nasirman menambahkan, Dewan Kota merupakan lembaga pengabdian yang mengharuskan kerja tulus dan kerja ikhlas. Karena, tutur Nasirman, Dewan Kota ini basicnya dari masyarakat untuk masyarakat.

"Karena dipilih langsung oleh masyarakat. Untuk mewakili kecamatan yang duduk di tingkat kota. Jadi satu kecamatan satu orang," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini