Share

5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia, Nomor 1 Ulat Pohon Sagu

Zahra Larasati , Okezone · Kamis 12 Mei 2022 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 337 2593164 5-makanan-favorit-raja-raja-di-indonesia-nomor-1-ulat-pohon-sagu-lFUIkVddvE.jpg Ilustrasi okezone

JAKARTA - Indonesia dulunya adalah negara kerajaan, tentunya banyak sekali warisan kuliner khas nusantara. Ada beberapa makanan yang menjadi favorit raja di Indonesia. Berikut 5 makanan favorit para raja yang dihimpun Okezone dari beragam sumber, Kamis (12/5/2022).

(Baca juga: Deretan Sultan Nusantara yang Raih Gelar Pahlawan Nasional)

1. Nasi Jemblung

Nasi jemblung adalah makanan favorit Raja Kasunanan Surakarta Pakubuwono X. Makanan ini disajikan di atas daun piring dan dibentuk seperti cincin yang tengahnya berlubang. Bagian lubang nasi itu lalu diisi oleh lidah sapi yang dimasak semur. Ada tambahan sambal terasi, irisan mentimun, dan kerupuk kulit.

2. Gudeg Manggar

Gudeg Manggar menjadi makanan favorit bagi raja-raja Mataram Islam, dan berlanjut hingga Kesultanan Yogyakarta. Gudeg manggar berbahan dasar bunga kelapa yang masih muda. Manggar merupakan kata yang berarti bunga kelapa muda. Gudeg ini memiliki cita rasa antara manis dan gurih.

3. Coto Makassar

Coto Makassar ini merupakan makanan favorit raja Kerajaan Gowa. Coto ini berisi kacang tanah, daging, dan juga jeroan sapi. Coto Makassar juga cocok disantap dengan ketupat, atau oleh masyarakat Bugis disebut buras.

4. Ikan Batak

Ikan Batak menjadi makanan favorit bagi raja-raja Batak di masa lalu. Masyarakat Batak menyebut ikan yang satu ini dengan nama ikan jurung. Makanan ini biasa diolah seperti pada umumnya, bisa digoreng, digulai dan dibakar.

5. Kidu-Kidu

 

Kidu-kidu merupakan makanan favorit di Kerajaan Karo, Sumatera Utara. Kidu sendiri merupakan ulat pohon sagu, biasanya diolah dengan campuran bawang merah dan bawang putih, tomat, cabai, dan tumba atau andaliman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini