Share

Menko PMK Optimis Masuk Transisi Endemi Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 12 Mei 2022 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 337 2592849 menko-pmk-optimis-masuk-transisi-endemi-covid-19-DHwx68elH0.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku optimis Indonesia akan bisa segera masuk transisi endemi, jika 2-3 minggu setelah Idul Fitri tidak ada kenaikan kasus Covid-19.

“Taruhannya adalah setelah Liburan ini, kalau setelah Idul Fitri 2 minggu atau 3 minggu nanti tidak ada kenaikan kasus, maka kita optimis segera masuk transisi ke endemi,” tegas Muhadjir dikutip dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022).

Apalagi, kata Muhadjir, sudah ada tanda-tanda Indonesia masuk transisi ke endemi. Diantaranya, kasus Covid-19 yang mulai melandai, angka kematian yang menurun, bahkan tingkat occupancy rate di rumah sakit juga menurun.

“Intinya itu dilihat dari pertama angka kasus, kasus aktif, kemudian positif ratenya berapa, kemudian tingkat occupancy rate rumah sakit, kemudian angka kematian ya angka kematian,” kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir mengatakan bahwa angka kematian akibat Covid-19 saat ini sudah berada pada ranking 14 diantara penyakit-penyakit yang ada seperti kanker, jantung koroner, hingga stroke.

“Sekarang ini sudah ada tanda-tanda bahwa misalnya dilihat dari tanda-tanda kematian itu, sekarang kematian Covid itu bukan yang paling tertinggi dari diantara penyakit yang ada. Bahkan dari hasil survei kecil-kecilan yang dilakukan oleh Kemenko PMK itu di ranking 14,” papar Muhadjir.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini