Share

BNPT Menduga Penyerang Aparat di Papua Generasi Ketiga OPM

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 12 Mei 2022 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 337 2592791 bnpt-menduga-penyerang-aparat-di-papua-generasi-ketiga-opm-xSfr3zq5UE.jpg Ilustrasi (Foto : MPI / Istimewa)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus mengalami regenerasi.

"Anggota KKB saat ini sedang mengalami fase regenerasi," kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam akun Instagram @BNPTRI dilansir, Kamis (12/5/2022).

Untuk saat ini, kata Boy, kelompok KKB yang kerap melakukan penyerangan kepada masyarakat maupun aparat yang bertugas, adalah generasi ketika dari para pendahulu kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Mereka yang sering melancarkan serangan kepada aparat dan warga sipil dalam dua tahun terakhir merupakan generasi ketiga dari dedengkot kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka," ujar Boy.

Menurut Boy, anggota maupun pemimpin KKB generasi sekarang dalam konteks kemandirian, jelas lebih unggul di antara masyarakat biasa serta didorong dengan ideologi anti-NKRI yang kuat.

Tak hanya itu, dalam Instagram tersebut, Boy menyebut bahwa, KKB pada dasarnya tidak banyak, namun, terpisah-pisah. Berdasarkan investigasi, kata Boy, anggota KKB ditaksir tidak mencapai lebih dari seribu orang.

Kemudian, empat kabupaten yang menjadi lokasi berkumpulnya kelompok KKB, yakni, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Puncak, dan Nduga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini