Share

Paulus Waterpauw Akan Dilantik Sebagai Pj Gubernur Papua Barat

Chanry Andrew S, iNews · Kamis 12 Mei 2022 05:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 337 2592740 paulus-waterpauw-akan-dilantik-sebagai-pj-gubernur-papua-barat-Qupr7e51qn.jpeg Paulus Waterpauw (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Jika tak ada aral melintang, masyarakat Provinsi Papua Barat akan segera memiliki Penjabat Gubernur (Carteker) seiring berakhirnya massa bhakti Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat definitif periode 2018-2022, Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani yang akan berakhir 12 Mei 2022 mendatang.

Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Drs. Paulus Waterpauw disebut-sebut akan dilantik sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat untuk mengisi kekosongan jabatan selama kurang lebih 2,5 tahun hingga Pilkada 2024 medatang.

Paulus Waterpauw akan dilantik bersama empat Penjabat Gubernur lainnya yakni, Penjabat Gubernur Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, dan Provinsi Gorontalo. Pelantikan tersebut akan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (12/5/2022).

"Iya benar. Rencana besok (hari ini), Kamis, 12 Mei 2022, jam 08.00 WIB. di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri. Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik 5 Penjabat Gubernur," kata Kastorius Sinaga, Staf Khusus Mendagri, Rabu 11 Mei 2022.

Informasi lainnya menyebutkan rencana pelantikan tersebut direncakan akan dilaksanakan secara virtual. Dan Presiden RI Joko Widodo menurut rencana akan melakukan pelantikan terhadap lima Penjabat Gubernur tersebut.

"Informasinya yang melantik langsung adalah Bapak Presiden RI Joko Widodo secara Virtual, dimana saat ini Bapak Presiden RI Joko Widodo tengah melakukan lawatan kenegaraannya di Amerika Serikat, tepatnya di Washington DC," ungkap Sumber Internal resmi di lingkaran salah satu Penjabat Gubernur yang akan dilantik.

Dari lima nama yang diterima MNC Portal Indonesia, disebutkan nama-nama yang akan dilantik dan telah direstui oleh Presiden RI Joko Widodo, masing-masing, Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat. Berikutnya ada nama Ridwan Djamaludin, Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, ada nama Akmal Malik, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat. Dr. Al Muktabar, Sekda Provinsi Banten yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Banten. Dan Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olah Raga, yang akan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

Komjen Pol Purn Paulus Waterpauw merupakan sosok putra asli Papua yang dinilai sejumlah kalangan sangat tepat untuk menjabat sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat, karena memiliki rekam jejak dalam karir yang sangat baik.

Pria yang memiliki jenjang karir cemerlang di lingkungan Kepolisian ini juga mempunyai segudang prestasi dan memiliki sifat yang dekat dengan masyakarat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini