Share

Angka Kecelakaan saat Mudik 2022 Turun Drastis, Menko PMK: Alhamdulillah

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 11 Mei 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 337 2592562 angka-kecelakaan-saat-mudik-2022-turun-drastis-menko-pmk-alhamdulillah-HWi5H60n8h.jpg Menko PMK, Muhadjir Effendi (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membuka suara terkait pelaksanaan mudik Lebaran 2022 di tengah pandemi Covid-19.

Ketika ditanya apakah mudik Lebaran 2022 kali ini sukses? “Alhamdulillah…,” jawab Muhadjir usai melakukan rapat koordinasi di Istana Wakil Presiden (Wapres), Rabu (11/5/2022).

Muhadjir mengatakan pelaksanaan mudik tahun ini menggembirakan melihat angka kecelakaan menurun drastis. “Yang paling menggembirakan pada kita itu adalah angka kecelakaan menurun drastis dibanding 2019. Berdasarkan data dari Jasa Raharja, itu untuk angka kasus kecelakaan itu turun sampai 29%.”

“Kemudian angka kecelakaan meninggal, kecelakaan meninggal itu turun 56%. Kemudian angka yang luka-luka itu juga turun sekitar 30%. Kemudian premi yang dibayar oleh Jasa Raharja, turun juga sekarang ini turun sekitar 30%,” ungkap Muhadjir.

Mengingat, kata Muhadjir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan untuk concern menghindari angka kecelakaan saat mudik Lebaran tahun ini. “Jadi ini yang termasuk menjadi concern dari bapak Presiden, jangan hindari betul terjadinya kecelakaan-kecelakaan.”

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Selain itu, Muhadjir mengatakan bahwa angka kecelakaan di sektor wisata juga hanya satu kejadian. “Untuk di sektor wisata juga begitu, ada kecelakaan tetapi tidak, tetap serius, tetapi juga kecil karena hanya ada satu kecelakaan yaitu di Kenjeran, Kenjeran Surabaya itu.”

“Padahal dari kita itu lebih kita awasi itu Pantai Selatan biasanya itu wilayah Pelabuhan Ratu, Cilacap Jogja, Ngliyep Trenggalek, itu yang kita waspadai, ternyata terjadinya malah di Pantai Utara yaitu di Kenjeran,” papar Muhadjir.

Muhadjir pun memastikan para korban kecelakaan di Kenjeran ini mendapatkan perhatian perawatannya. “Dan alhamdulillah dari 16 yang kena musibah itu, sekarang kira-kira tinggal 8 yang masih berada di rumah sakit. Memang ada yang luka berat, yang ini yang sedang saya minta mendapatkan perhatian perawatannya.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini